Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

IKLAN KOA ADS
Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Jumat, 01 Juni 2018

KPU NTB : 34 Calon DPD Lulus Administrasi

Komisioner KPU Provinsi NTB Divisi Hukum H Ilyas Sarbini

Mataram - Sebanyak 34 orang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah RI daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat dinyatakan lulus tahap penelitian administrasi perbaikan.

Komisioner KPU Provinsi NTB Divisi Hukum H Ilyas Sarbini di Mataram, Senin, mengatakan dari 38 orang bakal calon anggota DPD RI, hanya 34 orang calon yang memenuhi syarat dukungan 2.000 orang yang sebaran minimalnya di lima kabupaten/kota. Sementara, empat orang lainnya dinyatakan gugur meski sudah menyerahkan dukungan perbaikan.

"Setelah kita verifikasi administrasi ada 34 orang calon yang dinyatakan memenuhi syarat dan empat orang gugur. Mereka adalah Ristan, Nursaid, Amak Mila dan Ir Muhammad Nasir," katanya.

Ia menjelaskan, setelah 34 orang dinyatakan lulusnya, maka calon tersebut akan menempuh persiapan penentuan sampel dukungan pemilih perseorangan. Untuk pengambilan sampel ini dilakukan sebesar 10 persen dari dukungan yang memenuhi syarat di kabupaten/kota menggunakan pengundian nomor yang sudah dimasukkan ke dalam amplop.

"Amplop tersebut berisi nomor angka terakhir jumlah dukungan. Misalnya dukungan di satu kabupaten didukung 75 orang, maka angka yang kita siapkan adalah angka 1 sampai 9. Silakan calon menggambil, bila mendapat nomor 5 maka dengan interval nomor urut dukungan 15, 25, 35 dan seterusnya akan disampel, sampai 75," jelas Ilyas Sarbini.

Selanjutanya, setelah sampel ini diturunkan ke KPU kabupaten/kota yang dilakukan pada 28-29 Mei 2018, setelah itu dilakukan verifikasi faktual di bawah pada 30 Mei-19 Juni 2018. Rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan oleh KPU Provinsi pada 26-28 Juni 2018.

"Untuk pengumuman pendaftaran calon pada 2-8 Juli 2018, sedangkan pendaftaran calon pada 9-11 Juli 2018," katanya. (*)

Pewarta : Bayu Aji
Editor : Bayu

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.
close