Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

IKLAN KOA ADS
Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Rabu, 15 Agustus 2018

Gempa Lombok Rusak 596 Unit Tempat Ibadah


Mataram - Tiga kali guncangan gempa berkekuatan 6,4 SR, 7,0 SR dan 6,2 SR yang melanda Lombok, meninggalkan duka bagi masyarakat Lombok. Di samping meratakan rumah penduduk juga merusak fasilitas lainnya, seperti infrastruktur, lembaga pendidikan dan tempat-tempat ibadah.

Selain itu, duka yang ditinggalkan oleh gempa Lombok, khususnya bagi masyarakat di Pulau Seribu Masjid ini (sebutan Pulau Lombok), adalah hilangnya sanak family yang mendahuluinya menghadap Sang Pencipta. Sampai saat ini sudah lima ratusan jiwa meninggal dunia, di luar yang luka ringan dan luka parah.

Sebanyak 596 tempat ibadah yang rusak berat dan ringan tersebar di seluruh Pulau Seribu Masjid ini, seperti di Kabupaten Lombok Utara sebanyak 405 unit dalam kondisi rusak berat/ambruk rata dengan tanah, 70 di Kabupaten Lombok Barat, 34 di Kabupaten Lombok Tengah, 78 di Kabupaten Lombok Timur dan 9 di Kota Mataram.

Jumlah tersebut sesuai data yang ada di Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB per tanggal 14 Agustus 2018, belum termasuk tempat ibadah lainnya yang belum di daftar tentang kerusakannya.

Melihat hal ini, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Nasruddin, akan melaporkannya dan berusaha berkoordinasi dengan Menteri Agama RI, agar dapat diberikan sumbangan untuk memperbaiki tempat ibadah tersebut. “Saya akan melaporkan kondisi tempat ibadah ini kepada Menteri Agama RI”, ungkap H. Nasruddin saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

“Saya minta kepada seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat, khususnya yang terkena musibah gempa untuk tetap bersabar dalam menghadapi cobaan ini”, harap H. Nasruddin.

Di samping tempat ibadah, fasilitas bangunan kantor pun ikut rusak imbas dari goncangan gempa Lombok, seperti 19 Kantor Urusan Agama Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara sebanyak 5 unit, Kabupaten Lombok Barat sebanyak 5 unit, Kabupaten Lombok Tengah 1 unit, Kabupaten Lombok Timur sebanyak 7 unit dan di Kota Mataram sebanyak 1 unit.


Editor : Purwandi

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.
close