Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

IKLAN KOA ADS
Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Rabu, 22 Agustus 2018

Ribka Tjiptaning : Pemda KLU Perlu Benahi Management Pendistribusian Air Bersih untuk Pengungsi

Mataram - Ketua Umum Badan Penanggulangan Bencana ( BAGUNA) DPP PDIP , Ribka Tjiptaning mengatakan secara umum proses penanganan bencana gempa bumi di kabupaten Lombok Utara sudah berjalan dengan baik. Distribusi bantuan kemanusiaan oleh pemerintah dan relawan untuk para pengungsi sudah merata bahkan berlebihan. Aliran listrik di sebagian wilayah sudah berjalan normal . 

"Namun demikian , Pemda KLU perlu segera memulihkan jaringan pipa air PDAM yang rusak. Sementara itu  management pendistribusian  pasokan air bersih di sejumlah titik konsentrasi pengungsi masih kurang maksimal ," ujar Ribka Tjiptaning usai melakukan peninjauan lapangan bersama Tim Baguna dan Pengurus DPC PDIP KLU ke sejumlah titik pengungsi  Selasa ( 21/8) 

Menurut Ribka , dari kunjungan lapangan tersebut , pihaknya  mendengar sejumlah  aspirasi para pengungsi di pemenang , tanjung, Gangga/Bentek dan Kayangan. Rata-rata para pengungsi mengeluhkan distribusi pasokan air bersih yang tidak merata dan tidak jelas jadwal pengirimannya.

"Jika hal ini dibiarkan terlalu lama dan berlarut-larut akan menjadi preseden yang tidak baik bagi proses penanganan gempa KLU ," ungkapnya didampingi ajudan dan staf ahlinya Ida Rappe dan Martamah.

Ribka  menambahkan permasalahan air bersih di KLU tidak hanya terjadi pada saat gempa saja, tetapi jauh sebelum gempa  di beberapa kawasan di Lombok Utara kesulitan mendapatkan akses air bersih apalagi jika musim kemarau tiba.

"Untuk itu Pemda KLU dan stakeholder lain perlu pasca tanggap darurat ini perlu  memikirkan secara serius ketersediaan jaringan pipanisasi  air bersih ke semua wilayah di Lombok Utara agar masyarakat mudah mengaksesnya untuk kebutuhan hidup sehari -hari," tambahnya .

Terkait aksi Bakti sosial BAGUNA PDIP untuk korban di Lombok , Ribka Tjiptaning menambahkan bahwa Baguna Pusat menerapkan sistem rolling minimal maximal dua Minggu sekali masing-masing Baguna DPD PDIP luar NTB yang ditugaskan membackup menangani korban gempa di Lombok ini dengan berbagai layanan bantuan kemanusiaan , termasuk medis maupun trauma healing .

"Hari Kamis ini ( 23/8) ada tim Baguna dari Jawa Barat akan turun ke Lombok , setelah sebelumnya Baguna DKI membuka dapur umum di Tanjung KLU. Sementara Baguna DPD PDIP Jawa Timur masih membuka layanan dapur umum dan Medis di wilayah Pemenang," Kata Anggota DPR RI komisi 9 dari  fraksi PDI Perjuangan. 

Dalam kunjungan ke Lombok Utara ini Ribka Tjiptaning yg didampingi Ketua DPC PDIP kota Mataram,I Wayan Sugiartha menyerahkan sejumlah paket bantuan dari Baguna di sejumlah titik- pengungsi untuk bisa didistribusikan kepada yang berhak. Selain itu Baguna juga menyerahkan Bantuan Kemanusiaan lewat DPD PDIP NTB yang diwakili Edi Sukmono selaku penanggung jawab operasi kemanusiaan Baguna PDIP untuk Gempa Lombok. 

"Untuk korban Gempa di pulau Sumbawa, khususnya di kecamatan Alas,  Baguna PDIP  secepatnya akan turun," janji Ribka sembari menginformasikan Kamis ( 23/8) puluhan ibu-ibu/ istri anggota DPR RI fraksi PDIP akan mengunjungi lokasi gempa dipimpin oleh Ibu Maria , istri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto . 

Doa dari Arafah untuk korban Gempa Lombok-Sumbawa


Terpisah Ketua DPD PDI NTB, H Rachmat Hidayat menyampaikan terima kasih atas kepedulian Baguna PDIP dalam membantu meringankan penderitaan warga korban gempa di Lombok. " Masyarakat korban gempa  tentu akan mencatat dan mengingat setiap niat baik yang dilakukan Baguna ini," katanya . 

Selain itu Rachmat menginformasikan menteri agama RI mengajak  seluruh jamaah haji Indonesia juga jamaah sedunia untuk mendoakan Lombok-Sumbawa  terhenti gempanya dan segera pulih. " Menteri Agama  mendoakan korban yang meninggal agar mati sahid," kata Rachmat mengutip  khutbah Menteri Agama RI saat  Wukuf di Padang Arafah.

Pemulihan Paska Gempa

Terkait pemulihan pasca Gempa bumi 7 SR di Lombok Utara , Ketua DPC PDIP KLU , Raden Nuna Abriadi  masyarakat korban bencana di wilayah kec gangga dan kayangan hal yg paling mendesak adalah ketersediaan air bersih bagi kebutuhan yg paling primer .

"Banyaknya jaringan pipa air PDAM yg rusak untuk segera dibantu pengadaan pipa air buat masyarakat desa.  Dan juga ada beberapa titik seperti di selengen,  boyotan sama sekali tidak tersedia sumber air, utk jangka pendek agar Pemda  segera mengirimkan tandon tandon air untuk masyarakat , dan membangun kembali tempat ibadah masyarakat yg hancur.," Tukas Raden Nuna . 

Selain itu Raden Nuna Abriadi Berharap kepada pemerintah daerah KLU segera mengadakan rakor lengkap agar persoalan masyarakat yang belum tertangani bisa segera diselesaikan terutama menyangkut penanganan pasca gempa dan keberlanjutan distribusi logistik untuk pengungsi agar lebih merata dan adil.  

Raden Nuna menghimbau agar kepala  desa segera  berkoordinasi dengan para kadus dan RT guna meng update data  dan informasi pengungsi , dll.   

"Untuk  masyarakat korban gempa  harus tetap kompak dan bersatu,jangan mudah terpecah belah,  masyarakat harus bangkit dan memotivasi diri untuk bangun,  bahwa  kuat menghadapi semua persoalan ini,"pungkasnya .


Editor : Bayu

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.
close