Header Ads

  • Breaking News

    Gili Trawangan Sudah Punya Tempat Pengolahan Sampah

    Gili Trawangan Sudah Punya Tempat Pengolahan Sampah
    LOMBOK UTARA, SEPUTAR NTB - Gili Trawangan akhirnya memiliki tempat pengolahan sampah. Bupati KLU, Dr. H. Najmul Akhyar melakukan peletakan batu petama pengolahan sampah dengan tungku olah sampah terpadu “OSAMTU” .

    Dalam upacara seremonial peletakan batu pertama tersebut, Bupati KLU didampingi sejumlah pengusaha setempat, seperti petinggi hotel Villa Ombak dan jajaran dari Bank Mandiri beserta jajaran SKPD lingkup pemerintahan KLU.

    “Pariwisata sangat dekat dengan kebersihan. Oleh sebab itu dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara harus dimulai dari pembenahan dari segi kebersihan, sehingga dipandang pengolahan sampah di pulau ini perlu diadakan,” terang Najmul Akhyar.

    Menyoal sisi anggaran untuk pengolahan sampah di pulau tersebut, Najmul menegaskan bahwa Pemda tidak memberatkan melalui anggaran APBD. Namun dalam hal ini, Pemda bekerjasama dengan Bank Mandiri melalui dana CSR yang dikucurkan senilai Rp 1,26 Miliar. "Tidak memberatkan kita secara APBD, saya harapkan perusahaan lainnya bisa meniru langkah ini untuk pembangunan KLU ke depannya," katanya.

    Ia menambahkan dalam pengembangan pariwisata, dan sebesar apapun upaya dalam melakukan promosi dan even yang besar, jika kebersihan tidak dapat diselesaikan dengan baik maka semua tidak akan dapat berjalan dengan baik. Sebab  kata Najmul, antara pariwisata dan kebersihan ibarat dua sisi mata rantai yang tidak dapat terpisahkan.

    Dalam menangani persoalan sampah ini sangat perlu dilakukan dengan serius. Kedepan pemkab dikatakannya  akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dalam mengembangkan program NTB bersih yang mana pemprov sendiri sudah menyiapkan anggaran tersebut kepada daerah. “Kita berharap pemda dalam hal ini SKPD terkait mampu menjemput program tersebut dan memanfaatkannya di KLU, sehingga kedepannya dapat mewujudkan program yang kita idamkan yaitu Lombok Utara yang bersih,”cetusnya.

    Bupati juga mengatakan kedepan pemkab akan membangun OSAMTU juga di pasar-pasar, sekolah-sekolah dan sebagainya,sehingga Lombok Utara menjadi Kabupaten yang bersih dan terbebas dari permasalahan sampah.

    Sementara itu, Vice Presiden Bank Mandiri, Gunawan Edy Sasongko, menjelaskan program CSR ini sejak mei 2016 lalu telah di siapkan, namun baru kali ini pihaknya dapat merealisasikan. "Semua ini berkat kerja sama dengan Pemerintah Daerah Lombok Utara dan juga dukungan dari Bapak Zaenal Toyib (villa ombak) yang telah menyiapkan sarana dan prasarananya. Jumlah total dana yang digulirkan oleh Bank Mandiri adalah 1,26 milyar, selain untuk OSAMTU juga diperuntukkan bagi pemasangan lampu di 15 titik di GILI Trawangan," jelasnya.

    Diharapkan pembangunan Tungku sampah OSAMTU mampu memberi manfaat bagi masyarakat, sebab dengan pengelolahan sampah yang ramah lingkungan ini kedepannya tidak akan mengganggu kenyamanan para wisatawan, dan sekaligus menjadi solusi persoalan sampah di daerah Pariwisata tiga gili. (Dy)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad