Header Ads

  • Breaking News

    Gubernur Gelar Kompetisi eNTeBeNOVIK

    MATARAM, SEPUTAR NTB- Guna mengimplementasikan Pergub. NTB Nomor 34 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan sejalan dengan Gerakan One Agency One Innovation dalam mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi, sekaligus mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, Gubernur Nusa Tenggara Barat, DR. TGH. M. Zainul Majdi menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik  (Entebenovik) Tahun 2016, di Lingkup Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Nusa Tenggara Barat.

    Surat edaran juga sudah ditujukan kepada seluruh Bupati/Walikota se-NTB dan para SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam Surat Edaran Gubernur NTB berharap agar masing-masing pimpinan SKPD dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-NTB memastikan SKPD masing-masing dan atau  PNS/CPNS di jajarannya untuk mengikuti kompetisi eNTeBeNOVIK Tahun 2016.

    Penyelenggara eNTeBeNOVIK adalah Biro Organisasi Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang bertugas memfasilitasi proses penjaringan, penyeleksian dan penilaian inovasi pelayanan publik, serta membentuk sekretariat dan tim penilai/tim evaluasi. Tim penilai/tim evaluasi ditetapkan oleh Gubernur NTB yang antara lain terdiri dari akademisi yang kompeten di bidang pelayanan publik.

    Penyelenggaraan eNTeBeNOVIK Tahun 2016 diawali dengan penyelenggaraan workshop pada tanggal 14 Sepember 2016. Penyampaian proposal Inovasi Pelayanan Publik dari SKPD secara online pada tanggal 19 September hingga 7 Oktober 2016, dilanjutkan dengan proses evaluasi dan seleksi administrasi 10 Oktober - 18 November 2016, kemudian diakhiri dengan proses penetapan dan pengumuman hasil akhir kompetisi 21 - 24 November 2016 dan pemberian penghargaan kepada para pemenang oleh Gubernur NTB pada momen peringatan HUT ke-58 NTB, 17 Desember 2016.

    Tujuan penyelenggaraan eNTeBeNOVIK adalah untuk menjaring inovasi pelayanan publik dari SKPD lingkup Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, menetapkan inovasi pelayanan publik yang diberikan penghargaan dalam rangka pengembangan inovasi pelayanan publik, serta memeriahkan peringatan HUT ke-58 Provinsi Nusa Tenggara barat, 17 Desember 2016.

    Jenis inovasi yang dikompetisikan dapat berupa, pelayanan langsung kepada masyarakat, yang dilakukan dengan cara kontak langsung antara pemberi dan pengguna layanan; pelayanan tidak langsung, yaitu pembaharuan penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik. Wujud pelayanan  langsung dan tidak langsung berupa proses,yaitu perubahan dalam proses penyediaan layanan; administrasi, yaitu penggunaan instrument kebijakan atau hasil dari perubahan kebiajakan; system, yaitu system baru atau perubahan yang mendasar dari system yang ada dengan membentuk institusi baru, interaksi ataupun partisipasi; dan konsep, yaitu perubahan dalam paradigma. (By)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad