Header Ads

  • Breaking News

    Ingat! Batas Perekaman e-KTP Tinggal Hitungan Hari

    Ingat! Batas Perekaman e-KTP Tinggal Hitungan Hari
    MATARAM, SEPUTAR NTB - Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Mataram, sampai tanggal 26 September 2016, terdapat sebanyak 0,03 persen dari 285 ribu penduduk Kota Mataram yang wajib KTP. Namun berdasarkan data Kemendagri yang dirilis Agustus 2016 lalu, terdapat penambahan sebanyak 11 ribu  dari 285 ribu menjadi 296 ribu, yakni penduduk yang berusia 17 tahun atau yang wajib melakukan perekaman e- KTP sampai 30 september 2016.

    Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram, Ridwan, saat ditemui menjelaskan perekaman e-KTP sudah dimulai sejak tahun 2012 sampai saat ini masih berlangsung. "Sejak dikeluarkannya surat edaran Kemendagri mengenai batas perekaman e-KTP tertanggal 30 September 2016, terlihat banyak warga berdatangan melakukan perekaman sampai hari ini," jelasnya.

    Melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pemerintah memberikan instruksi perekaman e-KTP sampai pada 30 September 2016, dan bagi penduduk  yang tidak melakukan perekaman e-KTP sampai 30 September 2016 akan berdampak pada penonaktifan data diri penduduk yang tentunya berakibat kesulitan pada saat melakukan berbagai pengurusan, seperti pengurusan Akte Nikah, pengurusan SIM ( Surat Izin Mengemudi ), pengurusan BPJS, layanan Perbankan dan kepentingan lainnya.

    Ridwan menghimbau kepada warga Kota Mataram yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk segera melakukan perekaman sampai 30 September 2016 demi kepentingan warga itu sendiri. Pemerintah telah menargetkan sampai akhir 2016 semua penduduk Indonesia sudah memiliki e-KTP.

    "Bagi penduduk Kota Mataram yang belum melakukan perekaman e-KTP agar segera melakukan perekaman sampai pada batas yang telah ditentukan, 30 September mendatang supaya tidak kesulitan nantinya dalam mengurus berbagai macam keperluan yang menyangkut data diri dari penduduk tersebut,"himbaunya. (Ft)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad