Header Ads

  • Breaking News

    Johan Rosihan dan ACT Sebar 60 Hewan Qurban di Tana Samawa

    Johan Rosihan dan ACT Sebar 60 Hewan Qurban di Tana Samawa
    SUMBAWA, SEPUTAR NTB - Johan Rosihan ST—Anggota DPRD NTB dari Fraksi PKS bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyembelihan dan penyebaran daging qurban di Kabupaten Sumbawa. Kerjasama dalam bentuk Program Global Qurban ini dilaksanakan setiap tahun, dan sekarang sudah memasuki tahun ketiga. “Ini adalah tahun ke-3 saya dipercaya oleh lembaga sosial ACT dalam Program Global Qurban,” kata Johan Rosihan.

    Setiap tahunnya sebut Johan—akrab Ia disapa, jumlah hewan yang disembelih ini terus meningkat. Tahun lalu Ia mengaku mendapatkan 18 ekor yang dagingnya disebar di Empang, Tarano dan Plampang. Pada Idul Qurban 2016 ini meningkat menjadi 60 ekor hewan qurban total hingga berakhirnya Hari Tasyrik. Dengan bertambahnya hewan qurban ini tentunya penyebaran dagingnya juga semakin luas. “Kalau dulu hanya tiga kecamatan, sekarang kita bisa sebarkan daging qurban ini dari Kota Sumbawa ke beberapa kecamatan hingga Kecamatan Empang sebagai pusat penyembelihan hewan qurban ini. Saya berharap nantinya bisa terus berkembang dan menyebar di seluruh Kabupaten Sumbawa,” ujar Haji Johan yang mengaku bekerjasama dengan ACT atas nama pribadi dan bertindak sebagai relawan.

    Bertambahnya jumlah hewan qurban bantuan ACT ini lanjutnya, kemungkinan karena pelaksanaan tahun lalu dinilai bagus dan harga hewan yang ditawarkannya pun bisa terakomodir. Hal ini dibuktikan dengan turunnya Tim ACT melakukan survey ke Sumbawa pada bulan lalu. “Alhamdulillah responnya sangat bagus, bahkan mereka ingin menjadikan Sumbawa sebagai basis pengembangan usaha jagung dan sapi ACT,” tandasnya seraya berharap ke depan dapat dibuka perwakilan ACT di Kabupaten Sumbawa.

    Adapun diterangkannya yakni bahwa untuk lokasi penyembelihan hewan qurban ini terpusat di Kecamatan Empang dan berada di beberapa titik di antaranya Desa Jotang Beru, Lamenta dan Kerongkeng. Namun demikian penyebaran daging qurban ini merata hampir di semua wilayah Sumbawa bagian timur.

    Kegiatan tersebut disaksikan langsung H Johan Rosihan ST selaku relawan ACT dan Tim ACT, serta dihadiri Imam Masjid Kecamatan Empang H Mukhtar B, Ketua PHBI Empang Abdullah A Haking S.Ag, Kades Bunga Eja serta ratusan tokoh masyarakat Empang-Tarano. Selain itu hadir juga Kepala Desa Moyo Mekar, dan Kades Jompong Plampang.

    Kegiatan social tersebut disambut antusias masyarakat setempat. Mereka berharap jejak H Johan Rosihan dapat diikuti oleh siapapun sebagai bentuk pengorbanan dan kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu. “Harapan saya semoga dengan syiar qurban ini bisa memotivasi masyarakat kita yang mampu untuk ikut berqurban, di samping bertambahnya rasa kepedulian sosial antar sesama warga, sehingga walaupun kondisi ekonomi sulit seperti saat ini warga masyarakat kita bisa tetap bahagia, saling membantu dan saling peduli,” tutupnya. (Hd)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad