Header Ads

  • Breaking News

    KONI NTB Siap Wujudkan Target 15 Emas PON XIX

    KONI NTB Siap Wujudkan Target 15 Emas PON XIX
    MATARAM, SEPUTAR NTB - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, sudah di depan mata. Tepatnya, 17-29 September 2016. Pada event yang digelar di Bandung, Jawa Barat itu, NTB akan turut menjadi bagian dari 34 provinsi peserta. NTB datang dengan mengemban misi besar, yaitu membawa pulang 15 medali emas. LIBAS! Itulah kata penyemangat NTB. LIBAS, singkatan dari Lima Belas Emas. Mampukah target itu dipenuhi Ketum KONI NTB, H Andy Hadianto?

    Menghadapi gawe olahraga terbesar nasional itu, KONI NTB sudah melakukan persiapan sangat luar biasa. Pemusatan latihan sendiri memakan waktu satu tahun lamanya. Begitupun soal dana, sekitar Rp 22 Miliar dihibahkan Pemprov NTB guna merancang  para atlet andalan daerah ini agar menjadi bintang di pesta olahraga empat tahunan negeri itu.

    KONI NTB, siap tidak siap tetap dituntut ‘’harus siap’’. Jika melihat bagaimana KONI melakukan persiapannya, berarti ada ketegasan di balik itu; NTB siap me-LIBAS PON XIX. Artinya, tidak ada keraguan target 15 medali emas yang diberikan Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi, akan melesat. ‘’Saya siap mewujudkan target 15 emas PON XIX. Saya siap membawa olahraga NTB mencatat sejarah baru di PON 2016. Sebagai ketua (KONI NTB) terpilih, saya harus siap dengan target tersebut.’’

    Kalimat di atas dilontarkan Andy Hadianto, tanggal 1 Desember 2014. Itu pernyataan hampir satu tahun sembilan bulan lalu. Sebuah kesanggupan untuk bertindak, selang beberapa menit usai dia baru saja dipilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KONI NTB, --menggantikan H MSN Kasdiono yang mengundurkan diri karena faktor UU keolahragaan; pasal yang melarang pejabat publik merangkap jabatan.

    25 Agustus 2016, ketika pernyataan satu tahun sembilan bulan silam itu disodorkan kembali ke Andy Hadianto, ia sungguh cepat merespon. Ia sangat ingat. Ia mengaku tetap mengingat apa yang telah dia sampaikan. Tidak ada keraguan sama sekali bahwa semangat itu telah kendur. Tidak pernah ada rasa pesimis. Tidak. ‘’Saya sangat siap merealisasikan target 15 emas. Saya ketua umum dan seluruh jajaran pengurus KONI NTB, cabang olahraga dan KONI daerah serta para atlet kebanggaan NTB, sudah siap berlaga dan mengharumkan nama NTB di pentas nasional,’’ tandas Andy Hadianto kepada Jurnal Indonesia, Jurnal NTB, Metro NTB dan Seputar NTB, --empat media yang mewawancarai Ketua Umum KONI NTB, di Sekretariat KONI NTB, Jalan TGH Faisal GOR Turide Cakranegara.

    Yang menarik dari pernyataan Andy di atas, tentunya pada penekanan kata ‘’sangat siap’’. Karena andai dirunut dari pernyataan pertamanya usai dipilih menjadi Ketum KONI NTB, maka ada peningkatan optimisme; dari ‘’siap’’ menjadi atau bertambah ‘’sangat siap’’. Ini, setidaknya patut diapresiasi. Untuk selanjutnya seluruh pihak mendoakan perjuangan para atlet kebanggaan NTB di perhelatan PON XIX. ‘’Sangat siap’’ adalah sebuah bukti yang ingin ditunjukan Andy Hadianto kepada semua pihak bahwa target LIBAS bukan sekadar ambisi semata. Tetapi Andy ingin memberi bukti, bahwa ia sungguh-sungguh mengemban amanat yang diberikan kepadanya selaku Ketua Umum KONI NTB. Tidak saja menjaga target yang tadinya menjadi  tugas ketua lama H Kasdiono.  Tetapi Andy mengasah target itu, setahap demi setahap dan sangat terprogram.

    Dalam PON XIX mendatang ,NTB disebutkan Andy akan diperkuat 111 atlet. Para atlet ini akan terlibat pada 23 cabang olahraga dari 44 cabang olahraga yang dilombakan. Dari jumlah 111 atlet, NTB ‘hanya’ menugaskan mereka merebut 15 medali emas dari total 755 medali emas yang telah disediakan PB PON untuk PON XIX.

    PON XIX sendiri melombakan  44 cabang olahraga, ditambah 10 cabang olahraga eksebisi. Jumlah total nomor pertandingan adalah 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran dan 50 pertandingan terbuka. Keseluruhan nomor pertandingan itu memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak dan 962 medali perunggu. ( Pur)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad