Header Ads

  • Breaking News

    Menuju Wisata Halal Nasional

    Menuju Wisata Halal Nasional
    Mataram, Seputar NTB - Meski dua penghargaan internasional sudah di raih Lombok sebagai pusat wisata halal dunia, namun semangat mengembangkan paket-paket wisata halal Lombok terus dikembangkan. Pemerintah daerah menyambut antusias dua penghargaan yang kini menjadi icon pariwisata Lombok-Sumbawa ini. Terbukti, Gubernur NTB, DR KH M.Zainul Majdi, tanpa ragu-ragu langsung menerbitkan peraturan gubernur (pergub) tentang wisata halal. 

    Pergub nomer 5 tahun 2015 ini, menjadi semangat kalangan pelaku wisata di Lombok membuat paket-paket wisata halal. Dan terbukti, pelancong dari kalangan traveler muslim Malaysia menyerbu Lombok di semester pertama tahun 2016 ini. Kunjungan wisatawan muslim Malaysia meningkat tajam. Tidak saja Malaysia, respon positif juga terlihat dari kunjungan wisatawan asal Timur Tengah. Survey awal yang dilakukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD)-NTB ke sejumlah hotel halal, cukup mencengangkan. Sejumlah resort di kawasan Senggingi okuvansinya mencapai 80 persen berkat wisatawan Middle East. “Mas bisa lihat, tamu-tamu kami sebagian besar dari Timur Tengah mulai memenuhi kamar-kamar yang kami siapkan. Memang karakter wisatawan Timur Tengah ini agak beda, sejak check in mereka tidak keluar-keluar dari kamar. Karena memang mereka membutuhkan privasi tinggi,” tukas Nazar, salah seorang senior di Jeeva Santai, beberapa waktu lalu.

    Lombok diserbu wisatawan Timur Tengah bukan tanpa sebab. Selain dua penghargaan dunia yang diraih Lombok tahun lalu, promosi ke pusat-pusat wisatawan muslim gencar dilakukan BPPD NTB. “Ini berkat Menteri Pariwisata RI, Bapak Arief Yahya. Lombok beberapa kali difasilitasi kementerian untuk berpromosi ke negara-negara di Timur Tengah. Hasilnya sudah mulai tanpak. Tentu ini akan kami lanjutkan dan pelihara sampai Lombok ini benar-benar menjadi pusat wisata halal dunia,” jelas Ketua BPPD NTB, Drs Affan Ahmad, M.Si di Mataram.

    Tentu, lanjut Affan Ahmad, tidak saja sasaran promosi wisata halal ini ke luar. Wisatawan muslim di nusantara pun kami garap. Untuk membuktikan itu, kami ikut berpartisipasi dalam kompetisi wisata halal tingkat nasional. Kami juga ingin menjadikan Lombok Sumbawa sebagai pemenang dalam kompetisi ini. Kami juga ingin membuktikan wisatawan muslim di nusantara merkokoh pengakuan dunia menjadi Lombok-Sumbawa sebagai pusat wisata halal. (has)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad