Header Ads

  • Breaking News

    Pemkab Lombok Utara Teken MOU Plan STBM

    Pemkab Lombok Utara Teken MOU Plan STBM
    LOMBOK UTARA, SEPUTAR NTB - Bupati Lombok Utara, Dr. H Najmul Akhyar SH.MH bersama Wakil Bupati Sarifudin, menanda-tangani MOU program Sanitasi total berbasis masyrakat (STBM) di Aula Bupati.

    Dalam kegiatan tersebut Bupati mengatakan bahwa pemerintah daerah Lombok Utara akan terus mendukung dan bersinergi dengan program-program yang berkaitan dengan kemaslahatan masyarakat. Komitmen pemerintah lombok utara adalah mensukseskan program STBM yang telah digagas oleh Kementerian Kesehatan.

    Pemda dikatakannya sangat serius dalam mendukung program ini dengan penandatanganan MOU program STBM diharapkan kedepannya masyarakat merasakan manfaat dari apa yang telah direncanakan. “Saya berharap melalui  penandatanganan MOU ini kita dorong agar program ini bisa terlaksana sebaik-baiknya di KLU,” ungkapnya.

    Diakhir sambutannya Bupati mengatakan sesuai dengan program pemerintah daerah membangun dari Desa, maka program ini sangat mendukung  apa yang telah dihajatkan oleh pemda KLU, sebab dengan program ini maka masyarakat akan mulai belajar dan menerapkan dari hal yang kecil dengan pola hidup bersih dan sehat.

    Sementara itu, Project Manager Sehati Sabarudin mengatakan, bahwa  program ini adalah merupakan strategi nasional yang dituangkan pada tahun 2008 dan diperbaharui dan dituangkan dalam permenkes nomor 3 tahun 2014. Dimana terdapat lima pilar yang akan diterapkan kepada masyarakat guna mensukseskannya. Pilar tersebut antara lain Stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum yang aman, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

    Sabarudin melanjutkan, terkait metode yang akan ditempuh, bakal memberikan pemahaman tentang tahapan pelaksanaan pada masyarakat, hingga mengidentifikasi pelaku potensial dalam mendukung STBM ini. “Saya  akan mulai kegiatan advokasi ini dibeberapa Desa di KLU sebab STBM ini bermain di level Desa. Apalagi program ini sudah dituangkan di RPJMD,” pungkasnya. (Dy)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad