Header Ads

  • Breaking News

    Sudirman Hadi Bikin Harum Nama Lombok Utara

    Sudirman Hadi Bikin Harum Nama Lombok Utara
    LOMBOK UTARA, SEPUTAR NTB - Agustus 2016 kemarin, Indonesia dikejutkan dengan kiprah remaja yang sedang beranjak dewasa, Sudirman Hadi. Lelaki berusia 18 tahun ini, tiba-tiba saja terpilih masuk skuad Merah Putih yang berlaga di Olimpiade 2016 di Brasil.

    Ya. Sudirman Hadi mampu membuat semua orang tercengang. Khususnya di daerah asalnya Kabupaten Lombok Utara, salah satu kabupaten termuda Provinsi NTB. Lewat cabang olahraga atletik nomor lari 100 meter, atlet potensial NTB ini berhasil menjadi orang kedua NTB yang pernah membela Indonesia di multievent paling wah sejagat itu.

    Bakat Sudirman Hadi sebetulnya sudah terpantau oleh Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF). Kiprahnya yang bermula dari level junior mampu membuat IAAF berdecak kagum. Ia pun akhirnya dipilih IAAF untuk mendapatkan jatah wild card, mengesampingkan para seniornya di pelatnas.

    Di Brasil, Sudirman Hadi memang tidak berhasil menunjukkan prestasi. Perjalanannya di lintasan atletik Olimpiade Brasil, cuma sampai putaran pertama. Namun, setidaknya keberhasilan dia melewati babak kualifikasi dengan berada di urutan kedua, patut di apresiasi. Karena, paling tidak, jatah wild card yang diberikan IAAF sudah dijawab dengan prestasi masuk babak utama.

    Tampil di Olimpiade adalah keinginan para olahragawan dunia. Untuk menjadi bagian dari perhelatan akbar olahraga dunia itu, butuh kerja keras dan disiplin tinggi. Untuk mencapai level dunia itu, tentu tidak semua atlet bisa melakukannya. Sudirman Hadi adalah salah satu dari bukti kerja keras dan disiplin tinggi.

    Orang kedua NTB, setelah Ni Putu Timy Yudhani, atlet voli pantai putri asal NTB yang pernah berlaga di hajatan paling akbar sejagat, Olimpiade. Timy, demikian panggilan akrab mantan atlet voli pantai nasional ini, berkesempatan membela Indonesia pada Olimpiade tahun 1996, di Atlanta, Amerika Serikat. Ketika itu, Timy berpasangan dengan Enjel Berta Kaise.

    Apresiasi tinggi ditunjukkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB atas keberhasilan Sudirman Hadi masuk kontingen olimpiade Merah Putih. Saat Olimpiade Brasil berlangsung, Andy Hadianto memberikan dukungan optimal kepada atlet berusia 18 tahun tersebut.

    Orang nomor satu di KONI NTB itu berharap atlet asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) ini bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia di masa depan. Andy juga berharap, keberhasilan Sudirman ini bisa memotivasi atlet pelatda NTB yang disiapkan untuk PON 2016. Menurutnya, kesuksesan Sudirman menembus level olahraga tertinggi itu, adalah buah dari kerja keras dan semangat latihan yang intens. ”Ini membuktikan atlet kita memang punya bakat. Atlet kita tidak kalah dengan daerah lain,” pungkasnya. (Pur)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad