Header Ads

  • Breaking News

    Ternyata, NTB Tidak Hanya Dua Pulau Loh!

    Ternyata, NTB Tidak Hanya Dua Pulau Loh!
    MATARAM, SEPUTAR NTB - Sekilas  Provinsi Nusa Tenggara Barat hanya terdiri dua Pulau yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Namun faktanya, ratusan pulau – pulau kecil lainnya juga mengitari provinsi ini,layaknya sebuah negara kepulauan yang di pagari beragam pulau.

    Menurut data satelit Badan Informasi Geosfasial (BIG) setidaknya sekitar 280 gili atau pulau kecil berjejer mengelilingi Lombok dan Sumbawa. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Biro Administrasi dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi NTB Irnadi Kusuma (25/11/2016) di Media Center, bahwa Nusa Tenggara Barat sudah sepantasnya menjadi provinsi yang  bercirikan kepulauan.

    “Jejeran pulau-pulau kecil ini akan mendukung provinsi NTB menjadi provinsi yang bercirikan kepulauan. Karena nanti ada penataan khusus ada pengaturan khusus terkait dengan provinsi – provinsi yang dalam katagori provinsi yang bercirikan kepulauan,” tegasnya.

    Selain 280 pulau tersebut, Tim Pembakuan Nama Rupa Bumi saat ini masih akan menyelesaikan pemberian nama dari 100 pulau baru yang belum bertuan. Dari deretan pulau-pulau kecil baru terdata dan belum bertuan itu,setidaknya 90 pulau berada di daerah Sekotong Lombok Barat. Penamaan untuk 100 pulau tersebut akan melibatkan tokoh masyarakat dari daerah yang memiliki zona wilayah.

    “Desember kami akan tuntaskan seratus pulau baru yang belum bernama. Jadi kami akan melakukan fasilitasi terkait dengan pemberian nama itu, dan tentunya tahapan – tahapan terkait dengan itu sudah dilaksanakan, dan kami juga akan melakukan pendekatan lokal, muatan lokal yang akan kami coba kembangkan dalam rangka memberi nama bagi pulau – pulau baru. Dominan pulau–pulau baru yang saat ini terdeteksi ada di wilayah pulau Lombok  Barat,” jelas Irnadi di Media Center Gubernuran

    Pemerintah Daerah NTB berharap agar pemerintah pusat dapat memberikan dukungan untuk segera mendifinitifkan NTB sebagai provinsi bercirikan kepulauan. Tentunya juga harapan tersebut kedepan akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat, juga peningkatan ekonomi bagi daerah.

    “Tentu ini nanti menjadi komunikasi intens kami dengan pemerintah pusat, dan kami sampaikan bahwa NTB sudah bertambah pulau baru. Dan ini kami harapkan menjadi pertimbangan pemerintah pusat untuk segera mendefinitifkan NTB sebagai provinsi bercirikan kepulauan,” tandasnya. (Amr/hms)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad