Header Ads

  • Breaking News

    Banjir Randam Sumbawa, Satu Warga Hanyut Terbawa Banjir


    SUMBAWA, SEPUTAR NTB. Cuaca Buruk yang melanda Kabupaten Sumbawa dalam dua hari terakhir, mengakibatkan sejumlah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa diterjang banjir, seperti yang terjadi pada Rabu (8/2/17) sekitar pukul 09.00 Wita, dimana banjir kembali menerjang Kecamatan Empang dan Tarano.
    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Zainal Abidin yang dihubungi dari Mataram, Rabu (8/2) malam, menyebutkan daerah yang dilanda banjir, yakni Kecamatan Sumbawa, Labuan Badas, Empang dan Tarano.

    “Ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai satu meter,” katanya.

    Jumlah warga yang terdampak banjir akibat meluapnya air sungai pada saat hujan deras mencapai 5.823 kepala keluarga (kk) atau 22.701 jiwa. Warga yang terdampak banjir tersebar di Kecamatan Empang 1.085 kk atau 4.340 jiwa, Kecamatan Tarano 1.812 kk atau 7.248 jiwa, selebihnya tersebar di Kecamatan Sumbawa dan Labuhan Badas, sebanyak 11.113 jiwa atau 2.926 kk.

    Zainal mengatakan, sebagian rumah yang tergenang air adalah rumah panggung sehingga menjadi tempat mengungsi bagi warga yang rumahnya permanen dan terendam air setinggi satu meter.

    Menurut dia, air yang menggenangi ribuan rumah warga di Kecamatan Empang dan Tarano, diperparah dengan air laut pasang sehingga banjir sulit surut.

    “Hingga malam ini ketinggian air di Empang dan Tarano, masih mencapai lutut orang dewasa. Kalau di Kecamatan Sumbawa dan Labuan Badas, sudah surut,” ujarnya.

    Sementara itu,Danramil Empang Kapten Inf. Triono Budi Wasito, yang ikut terjun mengevakuasi warga yang terkena banjir, sempat menyelamatkan warga Labuhan Bontong,bernama Rivaldi (19) yang sedang mandi dan hanyut. Kini yang bersangkutan sudah dibawa ke Puskesmas Empang untuk mendapatkan perawatan medis.

    “Dia hanyut dibawa air karena dia tadi mandi. Kita selamatkan tadi dan sudah dibawa ke Puskesmas Empang,” ungkapnya.
    BPBD Provinsi NTB sudah mengirimkan satu truk bantuan bahan makanan berupa mi instan dan air minum dalam kemasan. Bantuan tersebut sudah didistribusikan kepada warga terdampak banjir di empat kecamatan. (mr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad