Header Ads

  • Breaking News

    Gempa Guncang Bali-Lombok, Tak Berpotensi Tsunami


    MATARAM,SEPUTARNTB. Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Indonesia,kali ini gempa menggoyang Bali -Lombok dengan kekuatan 5,1 Skala Richter (SR). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Mataram yang kami kutip,gempa bumi tektonik terjadi pada Minggu (12/2/17) pukul 12.25:11 witta. Gempa berpusat di laut 104 kilometer arah Selatan Kuta-Bali.

    Gempa terjadi di 9,55 Lintang Selatan dan 115,63 Bujur Timur, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 108 kilometer arah Tenggara Kota Denpasar dan pada kedalaman 59 kilometer. Adanya aktifitas subduksi  Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke arah Lempeng Eurasia diketahui sebagai penyebab gempa bumi tersebut.
    Gempa bumi ini termasuk dalam klarifikasi gempa bumi menengah di ona Benioff, yakni lajur lempeng tektonik yang audah mulai menulik.

    Berdasarkan gambaran peta tingkat guncangan (Shake Map ) dampak gempa bumi ini meliputi wilayah Selatan Bali seperti Kota Tabanan,Badung,Kuta,Denpasar,Gianyar,Klungkung,serta kota Mataram-Lombok mengalami guncangan dalam intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI.

    Dampak gempa bumi pada skala intensitas  semacam ini belum berpotensi menimbulkan kerusakan dan hingga sampai saat ini belum ada laporan.

    Menurut BMKG walaupun gempa bumi ini berpusat di laut namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
    Pun demilian guncangan yang ditimbulkan gempa ini dirasakan oleh banyak orang sehingga beberapa warga aempat berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

    "Siang itu kami sedang ada diakusi dengan teman-teman,gelas minuman kami yang berada diatas meja tiba-tiba bergeser dan berbunyi,kami kaget sekali," terang Zulhan salah seorang waega Kekalik. (ft)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad