Header Ads

  • Breaking News

    Pelantikan Pengda FOPI NTB 2017-2021


    MATARAM, SEPUTAR NTB. Pelantikan Pengurus Daerah Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017-2121 dilaksanakan di Pendopo Wali Kota Mataram pada Sabtu (18/02/17). Pelantikan pengurus untuk cabang olahraga yang belum dikenal secara luas di NTB tersebut dilaksanakan oleh Ketua Umum PB FOPI Caca Isa Saleh, disaksikan oleh Plh. Sekretaris Daerah Kota Mataram Lalu Martawang mewakili Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram Amran M. Amin, perwakilan dari KONI NTB Burhanudin, serta dihadiri pula oleh Ketua Umum PB FOPI Caca Isa Saleh. Menetapkan H. Muhir sebagai Ketua Pengda FOPI NTB yang pertama.

    Membacakan sambutan tertulis Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh, Plh. Sekretaris Daerah Kota Mataram Lalu Martawang mengatakan bahwa cabang olahraga Petanque memang diakui belum banyak dikenal baik di Provinsi NTB, khususnya di Kota Mataram. Namun demikian pihaknya melalui SKPD terkait akan memberikan dukungan semaksimal mungkin agar olahraga Petanque dapat terus berkembang. Karena bukan tidak mungkin di NTB terdapat bibit-bibit unggul atlit Petanque yang bisa berprestasi dan mengharumkan nama daerah.

     “Mengutip peribahasa lama, tak kenal maka tak sayang”, ujarnya.

    Sementara dikatakan oleh Ketua Umum PB FOPI Caca Isa Saleh, pertama kali olahraga Petanque diikutkan dalam Sea Games tahun 2011, lapangan untuk olahraga yang masih asing ini justru sudah ada di sebuah hotel bintang lima di kawasan Kuta Lombok, sehingga PB FOPI awalnya berencana untuk memusatkan pelatihan cabang olahraga baru ini di NTB. Namun karena berbagai hal teknis, venue berstandar internasional untuk olahraga Petanque akhirnya dialihkan untuk dibangun di Kota Palembang Sumatera Selatan. Selain itu karena relatif masih baru, sampai saat ini pihaknya masih mengalami kendala dalam pengadaan alat. 

    “Kesulitan yang paling dirasakan ada pada penyediaan bola”, ungkapnya.

    Dalam sambutan perdananya usai dilantik sebagai Ketua Pengda FOPI NTB Tahun 2017-2121, H. Muhir mengatakan bahwa mulai dari resmi dilantik, Pengda FOPI NTB memiliki tugas bersama untuk mensosialisasikan cabang olahraga baru ini kepada masyarakat secara luas di berbagai kalangan agar olahraga Petanque dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Disamping itu, dirinya akan berupaya untuk segera membentuk kepengurusan di Kota Mataram, yang akan dijadikan sebagai barometer bagi Kabupaten/Kota lain di NTB. 

    “Semoga cabang olahraga yang baru ini dapat ikut berperan mengharumkan nama NTB kedepan”, harapnya.

    Petanque merupakan olahraga permainan yang berasal dari negara Perancis dengan cara bermain melemparkan bola-bola besi berukuran segenggaman tangan orang dewasa sedekat mungkin dengan sebuah bola kayu yang berukuran lebih kecil. Petanque dapat dimainkan dalam tim maupun pemain tunggal dimana setiap pemain masing-masing memiliki tiga buah bola. Meski tergolong baru di Indonesia, Petanque justru sudah dipertandingkan di pesta olahraga Sea Games sejak tahun 2011 di Kuala Lumpur Malaysia. (ft/hms)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad