Header Ads

  • Breaking News

    Lapangan Umum Desa Batu Jangkih Diketahui Milik Darmawan

    LOTENG, SEPUTAR NTB. Lapangan umum yang terdapat di Desa Batu Jangkih, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah dan selama bertahun-tahun dipergunakan masyarakat setempat untuk kegiatan berolahraga dan kegiatan sosial lainnya, ternyata bersertifikat atas nama H Lalu Darmawan.

    H Lalu Darmawan sendiri adalah mantan kepala desa di sana selama dua periode. Saat menjabat kades dua periode, Darmawan memang membiarkan warga Desa setempat untuk memanfaatkan tanah sawahnya itu beralih fungsi sebagai tempat kegiatan olahraga dan kegiatan sosial masyarakat setempat.

    Namun belakangan, Darmawan setelah tidak menjabat Kades tidak menemukan keberadaan sertifikat atas tanahnya yang memiliki luas kurang lebih satu hektare itu.

    Guna menelusuri keberadaan sertifikat tanahnya, Darmawan menunjuk beberapa orang kepercayaannya untuk menanyakan ke BPN Lombok Tengah. Hasilnya, pihak BPN menyatakan bahwa lapangan umum di Desa Batu Jangkih itu memang benar tanah milik H Lalu Darmawan.
    Salah satu orang kepercayaan Darmawan, yaitu H Lalu Moh Rais mengatakan bahwa jika BPN sudah menyatakan tanah tersebut milik H L Darmawan maka sesuai kesepakatan yang telah dibuat dan diumumkan oleh Camat Praya Barat Daya, Kamaruddin S.sos, maka kenyataan itu tidak bisa dibantah.

    Sebelumnya Camat Praya Barat Daya pernah mengatakan bahwa siapa yang memiliki tanah yang dijadikan lapangan umum dan namanya tercantum di sertifikat maka dialah sebagai pemilik. "Pernyataan Pak Camat ini yang kita harus pegang bersama-sama," kata Moh Rais.

    Rais merasa perlu menekankan pernyataan Camat Praya Barat Daya itu, sebab pihaknya tidak ingin ada pihak-pihak lain yang mencoba mengklaim sebagai pemilik tanah. Hal yang tidak diinginkan pula adalah adanya pihak lain yang tiba-tiba muncul sebagai orang suruhan H L Darmawan sebagai penemu dokumen pembuatan sertifikat dengan ujung-ujung sudah mengeluarkan uang di atas 60 juta untuk mengurus hal tersebut di BPN Loteng.

    Darmawan sendiri selaku pemilik tanah sudah memilih beberapa orang untuk mengurus keberadaan sertifikat tanahnya itu. Mereka antara lain Jamiludin Malikki, Hj Bq Ratna, L Ilman dan H L Moh Rais. Orang-orang ini dipercayakan Darmawan untuk bertindak mewakili dirinya melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan pengurusan sertifikat tanahnya. PUR

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad