Header Ads

  • Breaking News

    Pemkab Lotim Diminta Tinjau Ulang


    LOTIM, SEPUTARNTB. Warga Desa Jurit Baru meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk melakukan peninjauan ulang terhadap rencana masuknya Desa Jubar menjadi bagian wilayah pembentukan Kecamatan Kotaraja yang merupakan pemekaran Kecamatan Sikursaat ini sedang berproses.

    Sementara pada satu sisi warga Desa Jubar menolak masuk dalam wilayah Pemekaran Kecamatan Kotaraja tersebut. Sehingga inilah yang menyebabkan terjadinya keresahan dikalangan masyarakat Jubar.

    Camat Pringgesela, Hanudin saat dikonfirmasi menegaskan tidak menampik kalau semua warga Jubar menolak masuk menjadi bagian dari wilayah pembentukan Kecamatan Sikur, apalagi dengan sosialisasi yang dilakukan juga sangat kurang.

    " Hampir 90 persen masyarakat Jubar menolak masuk wilayah pemekaran kecamatan Sikur, sehingga inilah yang harus di perhatikan oleh Pemkab Lotim," tegas Hanudin. 

    Menurutnya, dalam persetujuan masuknya wilayah Jubar dalam pemekaran kecamatan Sikur tersebut, dari pemerintah desa setempat tidak pernah melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan. Kemudian baru dirinya mengetahui setelah adanya persoalan yang muncul ditengah-tengah masyarakat Desa Jubar yang menolak keras masuk bagian pemekaran kecamatan Sikur.

    Selain itu warga juga akan mengancam akan melakukan aksi dan menduduki kantor Desa Jubar, kalau apa yang menjadi menjadi tuntutan tidak segera diselesaikan oleh Kades bersama Pemkab Lotim. Karena dirinya tidak menginginkan adanya gejolak terjadi ditengah-tengah masyarakat karena persoalan ini.

    " Kalau tidak segera direspon tuntutan warga Jubar maka sudah barang tentu akan timbul gejolak yang akan menyebabkan terganggunya situasi kamtibmas nantinya," katanya.

    Ditempat terpisah Kepala Desa Jurit Baru, Athan Junaidi mengatakan dirinya dalam posisi ini tidak menolak dan menerima melainkan tetap netral terhadap persoalan masuknya Desa Jubar dalam wilayah pembentukan Kecamatan Kotaraja. 

    Karena dirinya didatangi Camat Sikur,Sekcam dan Kades Tete Batu dengan memperlihatkan peta mengenai wilayah yang akan menjadi bagian dari pembentukan kecamatan Sikur nantinya. Dengan salah satunya Desa di wilayah Kecamatan Pringgesela yang masuk adalah Desa Jurit Baru.

    " Dengan adanya informasi itu dirinya langsung memanggil BPD, LKMD dan para tokoh-tokoh untuk menyikapi persoalan ini, termasuk akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai masalah ini," tegas Athar Junaidi. (Rz).

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad