Header Ads

  • Breaking News

    Pemkot Mataram Raih Sertifikat PRB

    MATARAM, SEPUTARNTB. Kota Mataram raih sertifikat Pengurangan  Resiko Bencana (PRB) dari Tim StiRRRD UGM-GNS Selandia Baru karena dinilai tanggap dan mampu tangani bencana secara cepat dan didukung dengan regulasi yang ada.

    Dalam keterangannya saat menerima Sertifikat PRB di Pendopo walikota Mataram pada Senin (27/03),Wali kota Mataram,H.Ahyar Abduh mengungkapkan bahwa Kota Mataram merupakan salah satu dari sepuluh kota se-Indonesia yang mendapatkan sertifikat Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang diberikan oleh tim StiRRRD UGM-GNS Selandia Baru.

    Sertifikat PRB merupakan sertifikat yang diberikan dua perguruan tinggi yang ada di dalam negeri dan luar negeri yang melakukan penelitian terhadap sejumlah kota yang dinilai tanggap dan mampu menanggulangi resiko bencana.

    "kota Mataram dianggap mampu menanggulangi resiko dan kemungkinan kemungkinan yang terjadi ketika ada bencana alam seperti gempa bumi,banjir,tanah longsor,kebakaran,dan bencana sosial lainnya seperti perang antar kampung," ungkapnya.

    Sementara itu dalam acara yang sama Tim StiRRRD UGM-GNS Selandia Baru Teuku Faisal Fathani menjelaskan pemberian sertifikat PRB ini merupakan program evaluasi dan monitoring yang dilakukan dua lembaga perguruan tinggi yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam .

    "Kota yang mendapatkan sertifikat Pengurangan Resiko Bencana dinilai sudah berhasil memenej bencana yang terjadi didaerahnya dan dimungkinkan mendapatkan pendampingan dari badan dunia,"jelasnya.

    Kendati kota Mataram telah dianugerahi sertifikat Pengurangan Resiko Bencana dari lembaga yang berkompeten namun bukan berarti harus mengurangi tingkat kewaspadaan pemerintah dan masyarakatnya dalam mengatasi setiap bencana yang bisa datang kapan saja.(ft) 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad