Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Rabu, 19 April 2017

Kades Di OTT, Forum Kades Sinyalir Ada Rekayasa

Ketua Apdesi NTB, Umar Ubaid
LOTIM,SEPUTARNTB. Pasca ditangkapnya sejumlah Kepala desa di kabupaten Lombok Timur dalam operasi tangkap tangan tim saber pungli Lotim, dari  Forum Kepala Desa Lotim mensinyalir adanya rekayasa dibalik Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan tim saber pungli Lotim terhadap sejumlah Kepala Desa di Lotim. 
Maka hal ini tentunya tidak boleh terjadi hal seperti itu, karena akan membuat keresahan dikalangan Kades, dengan akibatnya para kades takut mengeluarkan kebijakan atau keputusan yang menyangkut masalah uang.

" Saya menduga akan rekayasa dalam OTT yang dilakukan tim saber pungli terhadap para Kades yang diduga melakukan pungutan liar di desanya," tegas Ketua Forum Kades Lotim, L.Muhir.

Selain itu, kata Muhir,masuknya unsur politik juga dalam penangkapan kades tersebut,apalagi menjelang pelaksanaan Pilkades di Lotim tahun 2017, dengan sengaja dilakukan lawan politik kades yang bersangkutan  dengan melaporkan ke tim saber pungli atau aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Bahkan dirinya melihat seperti itulah sementara ini, karena rata-rata Kades yang terkena saber pungli adalah mereka yang masa jabatannya akan berakhir tahun ini. Sehingga berbagai upaya dilakukan oleh lawan politiknya untuk menjatuhkan kades yang bersangkutan.

" Para Kades juga tidak mengetahui secara rinci mengenai regulasi pungutan yang masuk dalam kategori pungli, sehingga inilah yang harus disosialisasikan tim saber pungli agar para Kades mengetahuinya dengan jelas," kata Muhir yang juga Kades Bagek Payung.

Hal yang sama dikatakan Ketua Apdesi NTB, Umar Ubaid merasa prihatin dengan apa yang menimpa sejumlah Kades tertangkap OTT tim saber pungli. Dengan tidak saja di Lotim, akan tapi juga menimpa beberapa kades yang ada di kabupaten lainnya di NTB. 

Maka tentunya ini menjadi perhatian dari pihaknya selaku pengurus Apdesi NTB, sehingga salah satu upaya agar Kades tidak berurusan dengan hukum terutama mengenai masalah pungutan yang dilakukan di Desa. Dengan tentunya dari pihak tim saber pungli harus memberikan sosialisasi kepada Kades yang ada agar mereka mengetahuinya.

" Saya melihat kalau tim saber pungli kurang memberikan sosialiasi kepada Kades mengenai masalah ini,karena banyak diantara Kades yang tidak mengetahui mengenai masalah pungutan yang boleh dan melanggar hukum," tegas Umar Ubaid.

Kasat Reskrim Polres Lotim, Antonius Faebuadodo yang anggota tim Saber Pungli Lotim menegaskan kalau apa yang dilakukan pihaknya tentunya sesuai dengan laporan yang ada, tanpa adanya rekayasa didalamnya.

" Begitu ada laporan masyarakat langsung kami tindaklanjuti dengan terlebih dahulu mengumpulkan bukti-bukti selaku melakukan penindakan,"tegas Antonius.(Rz)
Loading...

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.