Header Ads

  • Breaking News

    Produk Tidak Ber SNI Boleh beredar

    MATARAM, SEPUTARNTB.  Dinas Perdagangan dan Perindustrian tidak mempermasalahkan beredarnya produk yang tidak berlisensi  SNI, hal itu ditegaskan Kadis Perdangan dan Perindustrian, Dra. HJ. Putu Sally Adnyani pada seputar NTB kamis (13/04/2017).” Tidak semua  produk harus berlisensi SNI, ada yang wajib namun semuanya tidak harus” terang Sally.

    Ketika disinggung tentang produk luar negeri yang beredar di NTB lagi – lagi Sally tidak mempermasalahkannya, hanya saja katanya produk tersebut memiliki lisensi dari Negara asalnya. Sally memaparkan hingga saat ini  tidak ada barang impor yang beredar di NTB.

    “Yang ada hanyan perdagangan antar pulau “ katanya. Lebih lanjut dijelaskan oleh Sally untuk produk dari luar negeri sangat ketat masuk di Indonesia karena pengawasannya melibatkan berbagai pihak terutama bea cukai dan otoritas lainnya” Ketika lolos dib ea  cuakai berarti produk tersebut tidak bermasalah.

    Senada dengan Sally  itu Ir. Haryono, Kabid SPK Dinas Perdagangan dan Perindustrian, menjelaskan pada prinsipnya hingga saat ini ada 139 produk yang wajib  ber SNI, oleh karena itu pihaknya terus memonitor peredaran barang wajib SNI tersebut di NTB, malahan kata pria Lulusan Fakultas universitas Mataram tersebut menjelaskan pihaknya telah membentuk tim terpadu  untuk mengawasi peredaran barang tersebut “ kami ingin menjamin rasa aman bagi konsumen, makanya telah dibentuk tim yang nantinya akan ditanda tangani oleh  pak Gubernur.

    ”Untuk produk luar negeri sepengetahuan kami yang penting ada lisensi dari Negara asal, jadi tidak perlu lagi ber SNI, karna suatu produk ketika lolos di tingkat distributor berarti sudah memenuhi persyaratan edar di Indonesia.

    Sementara itu Staf humas PLN, Rachmawan Primadya, ketika dimintai  tanggapan bila ada produk yang tidak ber SNI tapi beredar di NTB  menunjang kelistrikan, menjelaskan bahwa piahknya tidak pada otoritas untuk melarang atau menyetujui berededarnya suatu barang, tugas PLN kata Prima hanya pada penyediaan meteran.

    “Untuk Bolham (baca:lampu), silakan saja dan berlisensi apa saja karena PLN tugasnya hanya pada penyediaan daya” terangnya  ditermpat terpisah Manager ( sal).

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad