Header Ads

  • Breaking News

    Sambut Festival Pesona Tambora, Dompu Sukses Pecahkan Rekor MURI

    DOMPU, SEPUTARNTB. Festival Pesona Tambora 2017 sudah mulai memancarkan pesonanya. Sebelum menyapa publik selama 5-11 April 2017, sudah mulai pre events yang heboh. Sudah mulai ada pemecahan rekor MURI untuk pawai rimpu terbanyak yang sukses digelar di Dompu, NTB.  Sekitar 13.009 peserta pawai busana Adat Mbojo Rimpu sah memecahkan rekor MURI, Sabtu (1/4).

    Rimpu sendiri merupakan salah satu budaya Dompu tradisional suku Mbojo. Ini adalah hijab atau penutup kepala. Bahannya terdiri dari sarung berbahan nggoli. Motifnya kotak-kotak dengan kombinasi dua warna atau lebih. “Ini merupakan rangkaian acara Festival Pesona Tambora 2017. Sangat heboh. Kami sukses memecahkan rekor MURI,” terang Bupati Dompu Bambang M Yasin, yang didampingi Kepala Pelaksana Harian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu, H Ikhtiar M Yusuf, Senin (3/4).

    Bambang mengaku sangat happy. Maklum, acaranya sukses besar. Pawai Tarian Adat Rimpu, Saremba,  dan Katente Tembe, Sabtu (1/4), di lapangan Beringin Kantor Pemkab Dompu, disesaki 13.009 peserta. “Saya yang memimpin atraksi menari dengan Tarian Rimpu dan Katente serta Sanggodo Tembe,” sambungnya. 

    Peserta wanita dan laki laki serta anak anak tumpah-ruah di lapangan Beringin dan jalanan sekitar kantor Pemkab. Semuanya menyatu di bawah komando Bupati. Setelah menari di lapangan Beringin, dilanjutkan pawai menuju lapangan Karijawa. “Antusiasme masyarakat mengikuti acara Rimpu, Saremba, dan Katente Tembe itu luar biasa. Semuanya serentak menari menggunakan pakaian Adat Rimpu dan menyanyi mengikuti komando Bupati,” timpal Kepala Pelaksana Harian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu, H Ikhtiar M Yusuf.

    Senior Manager MURI, Paulus Pangka, ikut buka suara. Dari paparannya, angka 13.009 merupakan rekor baru yang tercatat di MURI. Bahkan, lanjutnya, telah menembus rekor Dunia. “Kami menggunakan metode perhitungan baris yang berdasarkan fakta. Dimana, dalam perhitungan tersebut tidak ditetapkan margin error atau tingkat kesalahan perhitungan,” terangnya.

    Soal penghargaan itu direspons Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Mantan Dirut Telkom itu menyebut rekor itu menjadi momentum yang pas untuk mengangkat citra pariwata Dompu dan Tambora. “Dompu dan Tambora di NTB adalah bagian dari Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Mudah-mudahan rekor MURI ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia serta mendorong perjalanan wisatawan nusantara (wisnus),” kata Menpar Arief Yahya. (Am)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad