Header Ads

  • Breaking News

    Tanah Pecatu Dijadikan Lokasi Tambang Kades Berang

    LOTIM, SEPUTARNTB. Kepala Desa Bagik Payung, Kecamatan Suralaga, L.Muhir mengaku keberatan dengan adanya tanah pecatu yang menjadi aset desa dijadikan lokasi tambang pasir besi yang dilakukan PT Anugerah Mitra Graha (AMG) di wilayah Kelurahan Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji. Dengan luasnya mencapai 1,40 hektar.


    " Terus terang saya selaku Kades merasa keberatan dengan tanah pecatu kami diambil pihak PT AMG untuk dijadikan lokasi tambang pasir besi di Ijobalit," tegas Muhir kepada medi ini saat dikonfirmasi.

    Menurutnya setelah mengetahui masalah tersebut, kemudian dirinya langsung menelpon pihak PT AMG untuk jangan main-main melakukan aktivitas di tanah pecatu tersebut. Meski menurut pengakuan pihak perusahaan itu telah diberikan ijin oleh Bupati Lotim selaku penguasa daerah.

    Namun tentunya apa yang dilakukan pihak PT AMG telah melanggar aturan main yang ada. Karena tanah pecatu itu tidak lagi menjadi urusan atau milik pemerintah daerah, melainkan telah diserahkan kembali kepada desa induk untuk dijadikan aset desa.

    " Pihak PT AMG saya ancam kalau berani melakukan aktivitas di tanah pecatu itu tanpa adanya ijin dari dirinya selaku Kades, maka akan mempidanakan perusahaan tersebut," kata Muhir.

    Lebih jauh Ketua Forum Kades Lotim meminta kepada pihak PT AMG untuk melakukan komunikasi dengan pihak Desa, karena yang memiliki hak atas lahan itu adalah Desa, bukan pemerintah daerah. Dengan tujuan agar kedepannya tidak menjadi persoalan yang akan merugikan perusahaan tersebut.

    Sementara saat ini pihak PT AMG tengah melakukan bersih-bersih di lokasi tambang pasir wilayah Ijobalit tersebut sebelum melakukan aktivitasnya. Meski sebelumnya telah terjadi penolakan dari warga sekitarnya terhadap kegiatan tambang pasir besi.

    " Informasi yang diperoleh dari PT AMG luas lahan tempat melakukan tambang pasir besi 60 hektar yang sudah mengantongi ijin dari Bupati Lotim," tambah Kades Bagik Payung.(Rz)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad