Header Ads

  • Breaking News

    Warga Binaan Rutan Selong Beradu Rotan dan Ende



    LOTIM, SEPUTARNTB. Ratusan Narapidana yang menjadi warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Selong, Kabupatan Lombok Timur saling beradu tanding dalam kegiatan pertandingan kesenian tradisional presean antar warga binaan dengan para pegawai Rutan Selong. 

    Sementara kegiatan pertandingan kesenian tradisional presean tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari bakti pemsyarakatan ke-53.

    Kepala Rutan Selong,Kurnia Panji Pamekas menegaskan kegiatan presean yang digelar ini bertujuan untuk melestarikan budaya sasak, apalagi belakangan ini presean yang menjadi populer ditengah-tengah masyarakat Lotim pada khususnya dan NTB pada umumnya.

    Dengan tentunya memanfaatkan kegiatan hari bakti pemasyarakatan tahun ini, apalagi dengan adanya perintah kementerian untuk memperlombakan permainan tradisional, sehingga pihak rutan berinisiatif untuk melombakan lari dengan menggunakan trompa secara berkelompok dan presean tersebut.

    " Luar biasa sambutan dari warga binaan dengan adanya adu tanding menggunakan rotan dan penjalin dalam presean yang digelar dengan menampilkan para warga binaan," tegas Kurnia Panji Pamekas.

    Menurutnya dalam presean tersebut terlihat banyak diantara para warga binaan yang menjadi pepadu, dengan menampilkan pukulan terbaiknya menggunakan rotan dan bertemeng dengan ende, tanpa ada yang di rekayasa pukulan dari warga binaan tersebut.

    Namun tetap dalam koridor menjaga tali shilaturrahmi dan kebersamaan antara warga binaan dengan para petugas rutan Selong,sambil menghilangkan kesan kalau rutan itu serem dan menakutnya, padahal dalam kenyataan tidak seperti itu.

    " Kedepannya pihak rutan akan terus mengadakan kegiatan seperti ini dalam rangka menyambut hari-hari nasional seperti HUT kemerdekaan RI maupun yang lainnya, dengan satu tujuan terciptanya kebersamaan," kata Kepala Rutan Selong, Kurnia Panji Pamekas.(Rz)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad