Header Ads

  • Breaking News

    Bandara LIA Akan Gelar Pelatihan PKD

    General Manajer PT.Angkasa Pura I LIA Lombok, I Gusti Ngurah Aridita
    LOTENG, SEPUTARNTB. PT.Angkasa Pura I Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) akan melaksanakan pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD), dan Security Exercise. Rencana kegiatan PKD dan Security Exercise yang ke 91 itu bertujuan untuk mengantisipasi keadaan darurat yang mungkin saja dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. 

    "Puncak pelatihan PKD ke 91 itu dilaksanakan tanggal 17-18 Mei 2017 mendatang,"ungkap General Manajer PT.Angkasa Pura I LIA Lombok, I Gusti Ngurah Aridita dalam keterangan pers, dikantor PT.Angkasa Pura I Lombok, Minggu (14/5).

    Dijelaskan, Latihan penanggulangan keadaan darurat (PKD) sendiri merupakan kewajiban pengelola Bandara sesuai keputusan Menteri Perhubungan Nomor 301/V/2011. Bahwa   Bandar Udara wajib melaksanakan latihan penanggulangan keadaan darurat dengan tujuan untuk menguji kehandalan dan kemampuan Airport Rescue and Fire Fighting, dan juga Aviation Security.

    " Latihan kali ini terbagi 3 tahapan yaitu scale Fire Fighting Exercise dan Aviation Security Exercise,"ungkapnya

    Dikatakan, Simulai ini digelar setiap dua tahun pada masing-masing bandara. Hal ini untuk kesiapan petugas menanggulangi keadaan darurat saat pesawat tiba-tiba jatuh atau keadaan darurat lainnya. Rencananya simulasi itu  melibatkan sedikitnya 700 personel yang terdiri dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee, serta dari pihak terkait.

    Dalam pelaksanaan pelatihan  PKD itu,   akan ada beberapa penerbangan yang mungkin terkena dampak dari kegiatan tersebut yaitu Garuda GA 7034 tujuan Sumbawa, Citilink QZ 167 tujuan Jakarta, Wings Air lW 18S3 tujuan Denpasar, Batik Air ID 6957 tujuan Jakarta, Garuda GA 433 tujuan Jakarta dan Lion Air JT 841 dari Ujung Pandang.

    "Dampak dari kegiatan ini beberapa penerbangan akan berpotensi tertunda,  antara jam 10-sampai jam 11,"tegasnya

    Namun,  apabila 3 pesawat yaitu Garuda GA 7034 tujuan Sumbawa, Citilink az 167 tujuan Jakarta dan Wings Air lW 1853 tujuan Denpasar dapat berangkat pada pukul 10.00 WITA maka tidak terkena dampak dari penerbitan Notamp selama satu jam untuk pelatihan PKD dan Security Exercise ke 91 di Lombok International Airport.

    "Kita harapkan supaya masyarakat yang menggunakan penerbangan itu supaya berangkat lebih awal,"pungkasnya.



    (Ae)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad