Header Ads

  • Breaking News

    Belum Lengkapi Persyaratan ,Dana Desa Di Tiga Kabupaten Tidak Bisa Dicairkan

    mataram
    H.Rusman Selaku Kadis Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa-Kependudukan dan Pencatatan Sipil
    ( PMPD-Dukcapil ) 
    MATARAM, SEPUTARNTB. Tiga Kabupaten di Provinsi NTB hingga saat ini belum dapat mencairkan Dana Desa tahun 2017 lantaran ketiga daerah  tersebut belum melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa-Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( PMPD-Dukcapil ),H.Rusman mengatakan kerena adanya beberapa persyaratan yang belum dilengkapi oleh ketiga daerah tersebut  sehingga DD belum bisa dicairkan.

    " asalkan persyaratan yang dibutuhkan dilengkapi,dana desa tersebut segera dapat dicairkan,"ujarnya.

    Disebukan olehnya,tiga kabupaten yang belum dapat mencairkan DD tersebut adalah Kabupaten Bima,Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbaea Besar.

    " DD sudah sudah dicairkan kepada 5 kabupaten,yaitu kabupaten Lombok Utara, Dompu,Lombok Timur, Lombok Tengah dan terakhir Lombok Barat,"ungkapnya.

    Untuk Kabupaten Lombok Utara,dari 33 desa baru 15 desa yang sudah dicairkan,masih tersisa 18 desa yang belum dicairkan lantaran masih nenyelesaikan persyaratan.Sementara untuk Lombok Tengah progresnya sudah direkom 99 persen oleh kepala desa untuknsegera dicairkan ke desa.

    Rusman mengatakan,syarat yang diperlukan untuk mencairkan DD tahun 2017 diantaranya ada Peraturan Daerah tentang APBD 2017,Peraturan Kepala Daerah tentang Penggunaan Anggaran Dana Desa,kemudian Laporan Keguatan tahun sebelumya.

    "Harapan kita di kabupaten lainnya segera berproses untuk evaluasi APBDes-nya,karena syarat pencairan ke desa harus ada APBDes dan LPJ tahun lalu,dan kita mendorong ketiga kabupaten tersebut untuk segera melengkapinya sehingga dana desanya dapat segera dicairkan,"jelasnya.

    Total anggaran Dana Desa yang akan dicairkan,sambungnya,berjumlah 865 miliar terbagi dalam dua tahapan,tahap I sebayak 60 persen dan tahap II 40 persen.

    "Semoga saja segera selesai sehingga untuk pencairan berikutnya bisa dilaksanakan bulan Agustus mendatang,"harapnya.

    Terkait penggunaan dana tersebut,ia menegaskan harus disesuaikan dengan Peraturan Menteri Desa nomor 22 tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2017.

    "Semua petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis harus mengacu pada Permendes ini," tutupnya.(ft)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad