Header Ads

  • Breaking News

    BI Harap Sembalun Menjadi Penghasil Bawang Putih Terbaik


    MATARAM,SEPUTARNTB. BI (Bank Indonesia) Wilayah NTB bersama Bank NTB,Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok timur dalam hal ini Dinas Pertanian Lotim dan Kelompok Tani Makem lakukan penanaman bawang putih total organik pada areal pertanian seluas 1 (Satu) hektar lebih di Sembalun,Lombok Timur hari Minggu (7/5).

    Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu para petani yang tergabung dalam kelompok tani Makem dengan jumlah anggota sebanyak 20 orang tersebut terlebih dahulu diberikan pembekalan oleh Tim Nugroho dari UGM.

    "Para peta di diberikan pemahaman tentang struktur tanah,dan pelatihan pemulihan tanah dengan menggunakan mikroba, cara pembuatan mikroba dengan menggunakan bahan alami serta cara perawatan tanpa menggunakan peptisida atau bahan kimia lainnya,"jelas Samiaji,perwakilan Nugroho Tim-UGM.

    Dalam kesempatan tersebut,Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur,H.Zaini mengungkapkan tahun 2015 dan 2016 telah dilakukan penanaman pada klaster cabe di kecamatan Suralaga dan kecamatan Masbagek.

    Menurutnya lentak geografik yang bagus menjadikan Sembalun sangat potensial dalam penanaman sayur khususnya bawang putih.

    "Bawang putih menjadikan Sembalun sangat terkenal dimasa lalu. Kedatangan BI membawa Tim Nugroho diharapkan mengembalikan kejayaan Sembalun seperti dulu khususnya dengan bawang putih,"ungkapnya.

    Selain itu ia juga menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh petani selama ini dan berharap kedatangan BI bersama Bank NTB mampu mengatasi pemasalahan petani tersebut.

    "Beberapa kendala menjadi persoalan bagi petani diantaranya tingginya biaya untuk penanaman bawang putih,biaya transportasi dan upah buruh untuk pengangkutan hasil pertanian,belum adanya gudang tempat penyimpanan hasil pertanian,penanganan pasca panen yang belum optimal dan infrastruktur lainnya yang belum memadai," jelasnya.

    Menjawab permasalahan petani terkait dengan permodalan dan biaya pertanian, Perwakilan Bank NTB pusat, Ika Aprianti Hidayah mengatakan bahwa Bank NTB siap membantu memberikan pinjaman dengan cara kredit bagi petani.

    Sementara itu dalam kesempatan yang sama,Kepala Kantor Perwakilan BI NTB, Prijono mengatakan bahwa BI hanya akan masuk pada klaster-klaster tinggi termasuk petani bawang putih karena dinilai mempunyai semangat dan kemauan tinggi.

    "Selain mengembalikan kejayaan Sembalun dengan bawang putih juga menjadikan Sembalun sebagai penghasil bawang putih terbaik se-dunia,"kata Prijono.

    Dirinya menghimbau agar petani mampu memanfaatkan apa yang ada dialam sekitarya untuk diolah sehingga mampu menekan biaya pertanian. Dan meminta kepada para petani supaya lebih sabar dalam mengikuti proses penanaman tanpa kimia ini.

    "Dengan kita mampu memanfaatkan apa yang ada pada alam sekitarnya tentu akan mampu pula menekan biaya,"pungkasnya.(ft)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad