Header Ads

  • Breaking News

    Pengurus DPD APII Lobar Dikukuhkan

    Bupati Lobar bersalaman sengan Ketua DPD APII Lobar       
    LOBAR,SEPUTARNTB. Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pariwisata Islami Indonesia (DPP APII), mengukuhkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) APII Kabupaten Lombok Barat,(16/5) di Aula Utama Kantor Bupati Lobar di Gerung.Guna melebarkan sayap pariwisata halal di NTB.

    Sebelum melakukan pengukuhan, Ketua Umum DPP APII, TGH.Fauzan Zakaria, Lc, M.Si dalam arahannya menyatakan Kabupaten Lobar merupakan pengurus DPD yang pertama kali dilantik di NTB Kata dia, karena ini merupakan tekad bulat pertama dari Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid.

    “Kabupaten/kota yang pertama dikukuhkan adalah DPD APII Kabupaten Lombok Barat,” papar Fauzan Zakaria. 

    Dia juga menjelaskan, pengurus DPD APII kabuaten/kota lainnya, akan segera menyusul. Setelah Lobar, DPD APII Lombok Tengah juga meminta agar segera dikukuhkan. Ia mengatakan pariwisata merupakan salah satu bagian dari ajaran Islam. Karena, pariwisata itu sebuah traveling, mengelilingi bumi yang telah diciptakan oleh Allah SWT. Kemudian diambil manfaatnya untuk kebutuhan lahir dan bathin.

     “Dalam ayat Al-Qur’an pun diperintahkan untuk melakukan pariwisata ini kemana saja,” jelasnya.

    Menurut dia, aktivitas pariwisata tidak hanya mendatangkan iman, tapi juga mendatangkan rizki. Allah menitipkan sebagian rizki dari bidang pariwisata ini. Maka target yang dipasang APII adalah, menjadi kontributor terdepan untuk mewujudkan pariwisata secara nasional.

     “Visi misi ini lengkap, tidak hanya visi misi dunia, tetapi juga visi misi akherat,” jelas Zakaria dengan lantang.

    Alasan lain yang dikemukakan ustadz muda ini, dalam pariwisata tidak hanya identik dengan alam dan budaya serta kuliner. Tapi juga ekonomi pun berputar di dalamnya. Intinya, pihak APII ingin mewujudkan pariwisata yang bersih, nyaman, aman, damai dan ramah lingkungan. Dengan begitu, maka pariwisata bisa maju, kultur tidak hancur, ekonomi meningkat.
     “Semuanya dalam rangka mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamain,” katanya.  

    Di tempat yang sama, Bupati H.Fauzan Khalid menyatakan bangga, karena APII akhirnya bisa dibentuk setelah sebelumnya bertemu hanya dua kali, tetapi tanpa disadari, pengurus DPD APII Kabupaten Lobar bisa terbentuk. “Saya pertama bertemu dengan Ketum APII, H. Fauzan Zakaria, dan beliau bermaksud mengukuhkan DPDnya,” kata bupati.

    Namun melihat pola kerja yang demikian tertata, bupati memberikan dukungan positif. Keoptimisan bupati terhadap APPI Lobar dalam memajukan pariwisata tidak diragukan lagi. Sebagai program awal, bupati mengajak pengurus untuk melakukan bersih-bersih pantai, bersih-bersih toilet hotel, masjid dan tempat-tempat umum lainnya. “Kalau kita jadi depan, maka masyarakat akan menjadi bersemangat,” harap bupati.

    Tidak hanya itu, keinginan lain dari bupati, jika ada proyek dalam rangka pengembangan pariwisata, maka APII supaya bisa dilibatkan. 
    Terkait pariwisata halal, kata bupati, pihaknya sudah menerbitkan surat edaran. Isinya arah kiblat, membagikan sajadah dan mushaf Al-Qur’an secara gratis kepada semua hotel di Lobar. “Jumlahnya kita sesuaikan dengan jumlah kamar yang ada di Hotel itu,” jelas bupati.
    Usai memberikan arahan.

    Pengukuhan pengurus DPD APII Kabupaten Lombok Barat periode 2017-2021.  ini diperkuat dengan SK No.SKEP 01/DPD-LOBAR/V/2017, tanggal 16 Mei 2017. Pengukuhan dilakukan oleh Ketum DPP APII, TGH.Fauzan Zakaria, disaksikan Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid serta Kadis PariwisataLobar, Ispan Junaidi, M.Ed. Dan dilanjutkan dengan seminar nasional dengan tajuk, Strategi Percepatan Pembangunan Pariwisata Halal. Sejumlah narasumber pusat dan daerah dihadirkan. Mereka adalah, Tazbir,SH, M.Hum. Dr.Akhmad saufi, P.Hd, KH.DR.Ahmad Rizal, M.Sc. LPA. (ft/hms).

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad