Header Ads

  • Breaking News

    Rombongan Delegasi Amerika Serikat dan Tim Jurnalis Asia Pasifik Tinjau Lokasi Program CCDP- IF AD di Lombok Barat

    Bupati Lobar bersama rombongan Delegasi AS
    LOBAR,SEPUTARNTB.  Rombongan Delegasi Amerika Serikat beserta Tim Jurnalis Asia Pasifik melakukan kunjungan ke lokasi program pembangunan masyarakat pesisir (CCDP-IFAD) di desa Lembar Selatan tepatnya di pesisir pantai cemara, Rabu (17/5) kemarin.

    Delegasi yang dipimpin Mr. Thomas M. Duffy  bersama dengan staf dari Kedutaan Besar AS dan sekitar 6 jurnalis dari Asia Pasifik ini ingin melihat prestasi dan inovasi yang dihasilkan dari proyek CCDP. IFAD yang diwakili Mr. Ron didampingi Bapak Sapta Putra selaku Eksekutif PMO CCDP-IFAD.

    Indonesia ingin memanfaatkan kunjungan ini untuk melihat perkembangan yang didapat oleh masyarakat pesisir.

    Sekitar pukul 08.00 waktu setempat, rombongan mengawali kunjungannya ke Kelompok Masyarakat Pengelola Sumber Daya Alam Pesisir (PSDA) “Mangrove Lestari”.

     Selain melakukan dialog, Tim Jurnalis Asia Pasifik yang terdiri dari lima orang itu juga melakukan wawancara khusus kepada anggota kelompok.

    Amaq Anhar, salah seorang nelayan yang diwawancari Supaporn Eldredge journalis Thai PBS ini menceritakan manfaat yang dirasakannya sejak proyek CCDP-IFAD masuk. Sejak mendapatkan bantuan perahu dan jaring, penghasilannya jauh meningkat. 

    “Kalo dulu jadi ojek sampan cuma 15 ribu sehari. Setelah IFAD masuk, kita dapat bantuan jaring dan perahu. Sekarang bisa sekitar 200 ribu rupiah sehari,” ungkapnya.

    Usai mengunjungi Kelompok PSDA, rombongan mengunjungi Kelompok “Putri Pesisir Mandiri”. Di lokasi ini, rombongan mengamati proses pembuatan terasi udang yang merupakan produk unggulan kelompok ini. Tampak jurnalis asing ini antusias mengamati alur dan berdialog dengan anggota yang seluruhnya perempuan itu.

    Rombongan kemudian diajak ke lokasi Tracking Mangrove. Lokasi yang dikelola kelompok PSDA ini, kini menjadi salah satu objek wisata baru di Lombok Barat. Rombongan tampak menikmati momen sambil berfoto.

    Rumah Kemasan “Sasak Maiq” di Kelurahan Gerung Selatan menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi rombongan. Setiba di lokasi, rombongan langsung disambut oleh Bupati H. Fauzan Khalid dan beberapa pejabat SKPD Lombok Barat. 

    Dalam kesempatan itu bupati bersama rombongan melihat gudang bahan baku, ruang produksi dan mencicipi aneka produk yang disajikan.

    Heather Eaton, salah seorang Delegasi AS mengaku sangat terkesan dengan kegiatan yang diikuti hari ini. Heather menilai proyek CCDP-IFAD berjalan sukses. 

    “Sangat sukses dan sangat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujarnya. “Saya berharap kolaborasi yang baik antar pemerintah pusat, pemerintah daerah, UN agency, IFAD, pengusaha lokal serta masyarakat harus terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tambahnya 

    Dalam sambutannya, bupati berharap agar kelompok-kelompok binaan IFAD terus meningkatkan produksinya.  “Saya bangga, ini semua merupakan kontribusi dari banyak pihak seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, termasuk juga dari IFAD yang menjadikan daerah pesisir menjadi locus dalam memberikan bantuan. Tahun ini adalah tahun terakhir bantuan yang diberikan oleh IFAD . Saya berharap apa yang sudah dihasilkan seperti sekarang ini tidak berhenti sampai disini karena berhentinya bantuan yang diterima dari IFAD. Masyarakat harus terus mengembangkan produksi-produksi olahan yang sudah dihasilkan karena sudah terbukti bisa mengangkat perekonomian masyarakat pesisir,” ungkapnya bangga.

    Acara kemudian diakhiri dengan penyerahan simbolis bingkisan dari bupati kepada rombongan disertai sesi foto bersama.



     (ft/hms)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad