Header Ads

  • Breaking News

    Terhitung 1 Juni 2017, Kenaikan Besar Santunan Korban Kecelakaan Mulai Diberlakukan

    MATARAM,SEPUTARNTB. PT.Jasa Raharja Persero Cabang  Mataram lakukan Sosialisasi Kenaikan Besar Santunan Korban Kecelakaan Angkutan Umum dan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Hotel Golden Palace Mataram,Selasa (30/5/17).

    Kepala Jasa Raharja Persero Cabang Mataram, Dasrul Aswad mengatakan Kegiatan tersebut diselenggarakan sehubungan akan diberlakukannya Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 15/PMK.010/2017 dan Nomor 16/PMK.010/2017 Tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat,Sungai/Danau,Ferry Penyeberangan,Laut dan Udara Serta  Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

    "Sebagai langkah pertama menuju ke suatu sistem jaminan sosial ( sosial security),perlu mengadakan dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan dana kecelakaan lalu lintas jalan sesuai  UU Nomor 33 dan 34 Tahun 1964," ungjapnya.

    Tugas Jasa Raharja,lanjutnya adalah memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan penumpang angkutan umum.

    "sampai tahun 2016 kemarin jumlah data korban yang dibayarkan sebesar 120.910 baik korban meninggal dunia maupun luka-luka,"jelas Dasrul.

    Besaran santunan lanjutnya masing-masing  mengalami kenaikan sebesar 100 persen. Diantaranya untuk korban meninggal yg semula sebesar 25 juta menjadi 50 juta,Biaya perawatan maksimal 10 juta menjadi 20 juta,penggantian biaya P3K yang dulu tidak ada menjadi 1 juta,Penggantian biaya Ambulans yg semula juga tidak ada menjadi 500 ribu, dan biaya penguburan yang dulu sebesar 2 juta kini menjadi 4 juta.

    "Perubahan ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 1Juni 2017 pukul 00:00," pungkasnya. 

    Acara yang dibuka gubernur NTB diwakili oleh Sekda NTB,H.Rosiadi Sayuti tersebut tampak dihadiri pula oleh Dirlantas Polda NTB dan jajaran,Kepala Dinas Perhubungan NTB,Pengamat Transportasi NTB,Organda NTB dan tamu undangan lainnya.(ft)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad