Header Ads

  • Breaking News

    TINGKATKAN PELAYANAN, BPJS KESEHATAN PERLUAS KANAL PENDAFTARAN

    Sri Wahyuni:Kepala Unit Pemasaran, Ari Utami : Kepala Unit Umum dan Keuangan, Lalu Suryatna: Kepala Unit Hukum,Komunikasi Publik dan Kepatuhan HK2)
    MATARAM, SEPUTARNTB. BPJS Kesehatan Kembangkan strategi kemudahan pendaftaran keanggotaan bagi masyarakat yang mempunyai keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS. Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah ( PBPU) atau peserta mandiri dan oeserta kategori Bukan Pekerja (BP), BPJS Kesehatan memperluas kanal pendaftaran yang telah ada salah satunya dengan mekanisme pendaftaran melalui telepon Care Center 1500-400.

    Direktur Kepesertaan dan Pemasaran,Andayani Budi Lestari melalui Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan (HK2) BPJS  Kesehatan NTB,Lalu Suryatna mengatakan calon peserta BPJS Kesehatan kategori PBPU atau peserta mandiri kini bisa mendaftarkan diri melalui telepon Care Center 1500-400 tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

    "Khusus untuk peserta mandiri dapat juga  melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama,tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin,nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama.Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu fokus BPJS Kesehatan  tahun 2017 ini. Dan terus meembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan juga mempercepat cakupan kepesertaan, " ungkapnya saat bersama awak media di kantor BPJS Kesehatan hari Senin (15/5).

    Sementara itu Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan NTB Sri Wahyuni mengatakan Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 1500-400 antara lain Nama, Nomor KK, NIK, Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri), Nomor Hp, Alamat Domosili/Tempat Tinggal (untuk pengiriman kartu) dan Alamat Email. Rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan menjadi bukti pendaftaran.

    "Setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai,nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta.selanjutnya peserta diwajibkan membayar iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA ditebitkan yang pembayaran pertamanya wajib dilakukan ke bank dan dengan mekanisme Autodebet untuk pembayaran selanjutnya dan kartu dinyatakan aktif.BPJS Kesehatan akan mengirim jartu peserta JKN-KIS kealamat yang bersangkutan," jelasnya.

    Selain pendaftaran melalui Care Center 1500-400,saat ini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Siatem Dropbox di kantor  Cabang BPJS Kesehatan, kantor Kelurahan dan kantor Kecamatan serta pendaftaran melalui PPOB ataubmitra kerja BPJS Kesehatan.

    Hingga 5 Mei 2017 jumlah JKN-KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa. BPJS Kesehatan juga telah bekerjasama dengan kurang lebih 20.766 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama(FKTP) terdiri atas 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik Pratama,4.504 Dokter Praktek Perorangan,1.13 Dokter Gigi Praktik Perorangan, dan 15 Rumah Sakit Tipe D Pratama. Selain itu BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan  (FKRTL) yang mencakup 2.135 Rumah Sakit ( termasuk didalamnya Klinik Utama), 2.216 Apotek ,dan 986 Optik yang tersebar diseluruh Indonesia.



    (ft)                  
                                  

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad