Header Ads

  • Breaking News

    Gunung Tunak, Pantai Dinding Kapur Dan Satwa Langkanya


    Mataram Seputar NTB,- Menyebut nama Gunung Tunak, maka kita akan teringat dengan sebuah tempat wisata alam yang cukup eksotis dan menantang. Di Gunung Tunak terdapat Taman Wisata Alam (TWA) dengan menyodorkan berbagai macam flora dan fauna

    TWA Gunung Tunak merupakan salah satu bagian dari eksotiknya Lombok  Tengah disamping eksoisme yang terhampar dari ujung Timur Kelongkong hingga Ujung barat Nambung. Ini memang tidak dapat dipungkiri. Pantai, danau, air terjun hingga pegunungan tidak ada habisnya untuk dinikmati. 

    Nah, bagi traveler yang punya hoby naik gunung cocok sekali dengan objek wisata yang satu ini, Taman Wisata Alam “Gunung Tunak”. Objek wisata ini memang tergolong masih baru, belum punya nama setenar Kuta, Segara Anak hingga Gunung Rinjani. Namun panorama yang dinikmati dari Gunung Tunak ini tidak cukup dibahasakan dengan kata-kata.

    Gunung Tunak ini terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Di Gunung Tunak ini anda akan dimanjakan dengan panorama pantai selatan Lombok yang berpasir putih, tebing-tebing berdinding kapur, hamparan rumput hijau yang luas sejauh mata memandang, hutan pantai dan hutan dataran rendah. 

    Dengan luas 1.200 hektare, Taman Wisata Alam ini terbentuk atas deretan bukit-bukit, yaitu Bukit Bungkulan, Bukit Kelor, Bukit Takar-akar, Bukit Pejanggik dan Bukit Batujangak serta dibatasi oleh Teluk Bumbang di barat-utara dan Teluk Awang di bagian timur. Lekuk-lekuk teluk terbentuk oleh tebing-tebing yang curam yang diselingi oleh pantai berpasir. 

    Di daratan, terbentang padang rumput dan hutan dataran rendah yang luas. Sedangkan di beberapa sudut pesisir Gunung Tunak terbentang hamparan terumbu karang menjadi pemikat para penyelam.  Beberapa tumpukan batu di tepi tebing juga tidak lepas dari sasaran para pemancing.

    Daerah yang terletak di ketinggian 0-105 MDPL ini punya daya tarik tersendiri, terutama bagi anda penikmat tantangan. Untuk sampai di daerah ini, Kita menuju ke arah Kuta. Ketika sampai di bundaran intersection,belok kiri dan lusus ke depan sekitar 10 km sampai ketemu dengan jalan masuk menuju TWA yang berada di sebelah kanan jalan. 

    Dari sinimasuk ke kanan dan lurus saja sekitar 3 km sampai di Pantai Tunak. Dari pantai ini anda ikuti jalan tanah pinggir pantai. Setelah menusuri jalan sekitar  kurang lebih 1 kilo anda akan menjumpai jalan tanah dan menanjak hingga sampai di Pintu Gerbang.  Nah dari sini ni petualangan anda dimulai, karena jalan yang akan anda lewati memasuki hutan Gunung Tunak. 

    Jalannya masih tergolong bagus kok namun berbahaya jika tidak hati hati sebab jalan  yang akan anda lewati sepanjang 6 km itu masih berupa jalan tanah dan bebatuan. Tentu saja cukup menantang tapi udaranya masih segar yang membuat paru paru kita bersih.

    Untuk masalah keamanan, anda jangan khawatir. Meski menuju TWA menyusuri bukit dan hutan akan tetapi keamanan dijamin sebab, polisi hutan sering lalu lalang di kawasan ini untuk patroli.

    Perajalanan panjang anda akan terbayar habis kalau sudah sampai di TWA Gunung Tunak. Pertama-tama anda akan disambut oleh kicauan burung yang indah bersahutan bak musik dengan berbagai jenis dan tergolong langka. Satwa itu sengaja dikembangbiakan dan dilarang untuk ditangkap.  

    Di Hutan Gunung Tunak juga banyak sekali hewan satwa yang jarang kita liat seperti Gosong Kaki Merah, Rusa, Musang, Elang, Bondol, Kera Ekor Panjang, Ayam Hutan Merah dan Hijau, Punglor Merah, Tekukur, Walet, Srigunting bahkan Udang Biru dan Merah. 

    Di TWA saat ini juga sedang disediakan tempat penangkaran rusa dan kupu kupu yang dapat dilihat oleh wisatawan. Saat ini proses pembangunan bangunan penangkaran sedang dikerjakan dan diperkirakan dalam waktud ekat akan selesai. “Setelah selesai dibangun, kita akan segera datangkan rusa dan kupu kupu” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinis NTB H.L.Faozal.  

    Tapi bukan itu saja yang ditawarkan oleh Gunung Tunak. Bukit yang keren dengan view laut lepas, dihuni batu-batu karang yang menonjol ke laut, punya mercusuar pula bagus banget tu buat yang mau selfie serta pantai yang indah seperti Pantai Bile Sayak dan pantai lainnya  juga akan memanjakan perjalanan kita ke Gunung Tunak.

    Jadi,,jika anda tidak akan dirugikan berkunjung ke Gunung Tunak. Sekali Dayung dua Pulau Terlampaui. Anda dapat menikmati wisata alam sekaligus menikmati wisata pantai. Anda bisa menikmati jungle tracking, swimming, pengamatan satwa, soft tracking bukit, fishing, camping, dan taking picture tentunya dalam satu paket. 

    Sadar kalau Gunung Tunak memendam seribu pesona, maka pemerintah daerah dan pemerintah p[rovinsi terus melakukan pembenahan baik inprastruktur jalan maupun fasilitas pendukung lainnya seperti lahan parkir, sarana ibadah, air bersih, dan fasilitas komunikasi. 

    Salah satu fasilitas yang dianggap sangat penting namun belum dibangun adalah kemudahan berkomunikasi. Ditempat itu seluruh operator telekomunikasi tidak ada singnal sehingga praktis tidak bisa berkomunikasi dengan pihak luar.

    Oleh karena itu untuk menjadikan TWA Gunung Tunak menjadi andalan pariwisata maka fasilitas jalan dan yang lain harus dilengkapi. Jika semua fasilitas dan akses jalan sudah baik maka Wisatawan lokal maupun mancanegara akan banyak berkunjung ke tempat itu. Dengan demikian maka PAD akan banyak terserap darui sektor ini. 

    Salah seorang pengunjung Ahmad Khaerudin mengakui Gunung Tunak memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Tidak hanya wisata alam , namun pantai yang indah dengan diding tebing berkapur dan berbukit juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Gunung Tunak. 

    Hanya saja diakuinya akses jalan masih belum baik. Jalan yang masih berupa jalan tanah dan bebatuan membuat perjalanan menuju TWA dan pantai Gunung Tunak menjadi sedikit kurang nyaman. “Sebenarnya untuk wisata keluarga sangat menarik, kalau saja jalannya di aspal hingga di pelataran TWA, sebab udaranya bersih dan burung burung beraneka jenis memanjakan telinga kita dengan suaranya yang merdu” jelasnya. Amril (LA)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad