Header Ads

  • Breaking News

    Imigrasi Mataram Kirim Paspor Via Pos


    Mataram, Seputar NTB,  - Kantor Imigrasi kelas 1 Mataram, Nusa Tenggara Barat, menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan pengiriman paspor milik para pemohon via pos.

    Penandatanganan surat perjanjian kerjasama tersebut digelar di kantor Imigrasi Mataram dan disaksikan langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB serta Kepala Pos Area Mataram dan Lombok Timur, Rabu.

    Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Mataram Dudi Iskandar mengatakan tujuan diadakan kerja sama dengan Kantor Pos dalam proses pengiriman paspor ini adalah sebagai upaya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pemohon paspor khususnya para pemohon yang berada di daerah yang jauh dari kantor Imigrasi.

    "Dengan adanya kerja sama ini, para pemohon bisa meminta pihak Pos untuk mengantarkan paspor ke rumah masing-masing. Tentunya ini mempermudah agar setelah menyeleseaikan proses adminsitrasi, para pemohon tidak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi," katanya.

    Selama ini, menurutnya, banyak para pemohon yang merasa kesulitan jika harus kembali lagi ke Kantor Imigrasi untuk mengambil paspor mereka. Alasannya karena lokasi yang jauh dan juga mahalnya ongkos kendaraan.

    Selain itu, kata Dudi, tujuan kerjasa sama ini juga diharapkan bisa meminimalisir praktik percaloan antara pemohon dan petugas di luar kantor yang meminta biaya yang mahal.

    "Ke depan, kami berharap tidak ada lagi pemohon yang meminta orang lain untuk mengambil dokumen ini ke orang lain, karena paspor itu dokumen negara," tegas Dudi.

    Sementara itu, Kepala Kantor Pos Mataram Made Wiyanta mengatakan bahwa ditunjuknya Kantor Pos oleh Imigrasi untuk melakukan pengiriman adalah sebuah kebanggaan. Sebab, dengan cara itu, Kantor Pos sudah dipercaya oleh setiap orang.

    Ia menjelaskan, saat ini banyak perusahaan yang mengandalkan Kantor Pos untuk proses pengiriman dokumen. Karena itu, pihak pos mengaku siap untuk mengantar dokumen negara ini ke pemiliknya.

    "Kami siap, bahkan paspor ini dokumen negara, tetapi kami upayakan semaksimal mungkin untuk proses kelancaran penyalurannya. Termasuk risiko yang kami hadapi jika dokumen negara ini hilang," katanya.(LM)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad