Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Kamis, 22 Maret 2018

Dikbud NTB Jamin Seleksi Guru Honorer Transparan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB Muhammad Suruji 
Mataram, Seputar NTB - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat menjamin seleksi guru dan pegawai honorer yang akan berlangsung 24 Maret 2018 berlangsung secara jujur dan transparan.

"Semua proses seleksi kami jamin berlangsung transparan, karena tesnya dilakukan menggunakan komputer," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Muhammad Suruji di Mataram, Rabu.

Ia menuturkan karena tes menggunakan komputer, tidak ada peluang terjadinya praktik kecurangan, seperti pada proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan siswa.

Sebab, melalui proses seleksi berbasis komputer, semua peserta bisa melihat secara langsung berapa nilai yang didapatkan usai tes dilaksanakan.

"Jadi kalau tes menggunakan komputer tidak bisa bohong, kalau jawaban dan nilainya memang tinggi, pasti akan terlihat nanti. Sebab komputer tidak bisa disogok," tegasnya.

Menurut Suruji, pilihan tes menggunakan komputer lebih dipilih dan meniadakan tes wawancara langsung termasuk praktikum, tidak lain untuk menghindari terjadinya praktik nepotisme di antara panitia seleksi dengan guru honorer.

"Tidak ada titip menitip, semuanya transparan," tambahnya.

Adapun, yang boleh mengikuti tes, ungkap Suruji, yakni semua guru honorer di NTB yang mengajar.

"Jadi mau satu bulan atau lebih, yang terpenting pernah mengajar di sekolah negeri maupun swasta. Tidak dibatasi selama memenuhi syarat pernah mengajar dengan menunjukkan Surat Keputusan (SK) dari sekolah tempat mengajar," tandas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) itu. (By)
Loading...

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.