Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Rabu, 28 Maret 2018

Duh Pilkada NTB Jadi Atensi KPK!!!

Mataram, Seputar NTB - Pilkada NTB merupakan salah satu pilkada yang menjadi atensi serius dari pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasalnya NTB merupakan termasuk daerah yang indeks kerawanan politik uangnya sangat tinggi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif, yang dikonfirmasi usai memberikan materi dalam seminar mewujudkan Pilkada Bersih dan Bermartabat, di Universitas Mataram, dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Hukum ke-51, baru-baru ini. 

Selain dari KPK, seminar tersebut juga menghadirkan pembicara Ketua Bawaslu NTB, Khuwailid, Anggota KPU NTB, Suhardi Soud, dan Rektor Universitas Mataram, Prof, Lalu Husni berserta civitas akademika Unram ikut hadir dalam seminar tersebut.

“Betul, jadi daerah kerawanan politik uang itu salah satunya NTB, indeksnya cukup tinggi. Makanya kita menyerukan kepada para peserta untuk menjauhi praktik money politics itu,” katanya.

Laode M. Syarif menuturkan KPK bersama Polri dan Kejaksaan Agung telah membentuk tim khusus untuk mengawasi praktik politik uang dalam pelaksanaan pilkada serentak 2018 seluruh Indonesia, termasuk NTB. Maka dari itu, ia mengingatkan calon dan tim sukses, untuk tidak coba-coba melakukan praktik kotor tersebut.

“Bukan cuma di NTB, semua daerah kita awasi, makanya berhati-hati kepada semua calon dan tim sukses, jangan main money politics, sudah banyak contoh. Untuk diketahui bahwa KPK, Polri dan Kejagung punya tim khusus untuk mengawal money politics Pilkada serentak 2018 ini,” katanya.

Selain kepada calon, ia juga mengingatkan penyelenggara, yakni KPU dan Bawaslu juga untuk menghindari terlibat dalam praktik politik uang. Penyelenggara juga dinilai rentan terlibat.

“Jadi Bawaslu dan KPU serta para kandidat yang berkontestasi, mari kita jadikan Pilkada kali ini yang lebih baik, lebih bermartabat, untuk kebaikan daerah kita,” ujarnya.

Dia menyerukan kepada masyarakat ikut berpartisipasi aktif untuk sama-sama mengawasi politik uang serta menghindarinya. Sebab, tingginya praktik politik uang juga tidak lepas dari peran serta masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu NTB, M. Khuwalid mengatakan, NTB merupakan salah satu daerah dengan indeks kerawanan politik sangat tinggi dengan skor 5. Karena itu, Pilkada NTB merupakan salah satu daerah yang juga menjadi atensi dari Bawaslu RI.

“Karena itulah kita juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk sama-sama mengawasi Pilkada ini,” katanya. ((By)
Loading...

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.