Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Selasa, 27 Maret 2018

Ketua Ikasum Kaltim Gelar Studium General Kewirausahaan Di UNSA

Sumbawa Besar, Seputar NTB - Kuliah Umum Kewirausahaan yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ekonomi Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar kemarin, mengahadirkan Ketua Ikatan Keluarga Sumbawa (IKASUM) Kalimantan Timur, Amran Wahyudia, ST sebagai nara sumber.

Ketua panitia pelaksana Studium General HMPS Pendidikan Ekonomi, Desi Susanti mengatakan bahwa tema kegiatan yakni growing business with creativity dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis dengan daya kreativitas. 

"Problema yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini, salah satunya masih tinggi angka pengangguran terutama lulusan perguruan tinggi tidak diimbangi dengan tersedianya lapangan pekerjaan. bayangkan saja setiap tahun ribuan sarjana dihasilkan dari perguruan tinggi. karena itu, hal yang paling tepat dilakukan adalah menumbuhkan jiwa wira usaha di kalangan mahasiwa", ujar mahasiswa semester IV prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNSA ini.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Universitas Samawa, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos, M.AP menyampaikan bahwa program bidang kemahasiswaan Universitas Samawa diarakan pada peningkatan kreativitas, terlebih kegiatan enterpreunership yang harus dikedepankan adalah kreatif. Setiap kegiatan usaha yang kita lakukan jika tidak memiliki unsur kreatif maka akan sulit berkembang. Oleh karena itu Universitas Samawa saat ini sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang diarahkan pada pengembangan wirausaha mahasiswa termasuk kegiatan hari ini yang dilakukan oleh HMPS Pendidikan Ekonomi dengan menghadirkan pengusaha muda yang berkompeten dibidangnya sehingga nantinya mahasiswa memiliki sprit untuk menjadi pengusaha, bukan lagi mencari pekerjaan (job seeker) akan tetapi menjadi job creator yang membuka lapangan pekerjaan, tukas Budi.

Sementara itu, ketua IKASUM Kaltim yang juga pengusaha muda asal Sumbawa yang sukses di kota Balik papan, Amran Wahyudia, ST mengaku bangga jika dirinya dapat berbagi pengalaman dengan adik-adik mahasiswa yang ada di Universitas Samawa sebagai salah satu kampus tertua di Sumbawa Besar. 

"Saya hadir disini ingin mengubah mindset adik-adik mahasiswa untuk tidak ragu lagi untuk menjadi pengusaha karena berdasarkan wasiat Rasulullah bahwa berdaganglah engkau, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan. Tentu untuk memulainya dilakukan dengan beberapa cara yaitu mulai dengan doa yang diijabah oleh Allah SWT", ujarnya.

Selain itu, lanjut Wahyudia, melakukan mind map/pemetaan terhadap potensi apa yang akan dikembangkan yang ada di sekeliling disertai cita-cita yang tinggi, karena dengan mimpi tersebut dapat memberikan motivasi pada diri seseorang untuk terus berusaha. 

"Saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa, dalam setiap kegiatan usaha apa yang kita lakukan agar selalu berdoa karena sukses kita merupakan skenario Tuhan, ungkap Direktur Utama PT. Wahyu Mandiri Amara Cipta dan Direktur CV. Wahyu Mandiri ini. 

Pada kegiatan tersebut juga diberikan bantuan pendidikan kepada dua orang mahasiswa berprestasi dan kurang mampu di lingkup Universitas Samawa Sumbawa Besar. (Jim)
Loading...

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.