Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Rabu, 28 Maret 2018

Laporan dari Kegiatan Ops Keselamatan Gatarin 2018, Teguran Meningkat Penindakan Menurun

Sumbawa Besar, Seputar NTB - Operasi Keselamatan Gatarin 2018 yang dulu dinamakan Ops Simpatik, telah berlangsung secara serentak se-Indonesia sejak 5 hingga 25 maret 2018 lalu atau selama 21 hari. 

Untuk Polres Sumbawa, selama pelaksanaan Ops Keselamatan Gatarin 2018 ditargetkan 80% himbauan atau teguran dan 20% penindakan tilang. hasil yang dicapai,himbauan atau teguran terhadap pengendara maupun pengemudi sangat meningkat namun penindakan tilang menurun. 

Jika dibandingkan dengan hasil operasi tahun 2017 lalu, teguran sebanyak 1.200 namun tahun 2018 sebanyak 2.218 atau 82%. untuk kecelakaan lalu lintas ada 5 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 2 orang, luka berat 2 orang,dan luka ringan 1 orang.Jika dibandingkan dengan kasus kecelakaan tahun 2017, tahun ini tergolong menurun.

Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan SH, saat dikonfirmasi wartawan media ini di ruang kerjanya kemarin menjelaskan, hal ini dapat tercapai lantaran jauh jauh hari sebelum pelaksanaan Ops Keselamatan Gatarin, pihaknya telah melakukan berbagai upaya antisipasi, diantaranya melalui Dikyasa, turun lapangan pra Operasi dan pada saat operasi keselamatan dimulai. 

Disamping itu, Satlantas banyak melakukan sosialisasi di sekolah sekolah, di universitas, terminal, serta kalangan lainnya, bahkan di pesantren, di jalanan, dan melakukan beberapa inovasi sekama kegiatan berlangsung. "tujuannya supaya masyarakat tertib berlalu lintas di jalan dan angka kecelakaan dapat menurun", jelas Gusriyadi.

Dikatakannya, selama operasi keselamatan berlangsung, pengendara atau pengemudi yang ditindak yakni pelanggaran yang dapat menimbulkan Fatalitas Laka Lantas, antara lain menerobos lampu merah (Traffic Light), ugal ugalan, berbonceng tiga tanpa helm, mobil bak terbuka yang mengangkut orang berlebihan, begitu juga dengan truk dan fuso yang mengangkut barang over capacity. 

Untuk tahun ini, tingkat pelanggaran lalu lintas diupayakan agar diminimalisir dan sosialisasi di masyarakat diperbanyak serta melaksanakan berbagai inovasi inovasi selama berlangsungnya Operasi Keselamatan Gatarin 2018, seperti pemberian SIM Gratis kepada 10 pengendara roda dua yang tergolong tertib dan aman mengendarai kendaraannya yang dilengkapi dengan Safety, baik safety kendaraannya maupun safety pengendaranya. 

Selain itu, dilaksanakan juga pengobatan gratis terhadap sopir di terminal serta tes urine, menutupi lubang di sejumlah ruas jalan yang rusak dalam kota (kolaborasi dengan instansi terkait serta rekkan media), terakhir melakukan pembagian jacket gratis kepada pengendara yang tertib lalin. 

"Kami berharap kepada masyarakat supaya dapat menciptakan ketertiban berlalu lintas agar selamat sampai tujuan. jangan sekedar tertib pada saat ada razia atau operasi tetapi tertib setiap berkendara, waspada dan selalu tertib", harap Gusriyadi. (jim)
Loading...

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.