Menu Right

Top Social Icons

Responsive Full Width Ad

Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Senin, 19 Maret 2018

Prosesi Ultah Damkar, Sat Pol PP dan Sat Linmas Berlangsung Meriah

Lombok Barat, Seputar NTB - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Lindungan Masyarakat (Linmas) ke-99, dan Satuan  Polisi Pamong Praja ( Sat Pol PP) ke- 68,  serta Ultah Sat Linmas ke 56 secara langsung digelar bersamaan. Acara yang digelar di lapangan kantor Bupati Lombok Barat (Lobar) yang meriah ini, langsung didaulati PJS Bupati sebagai inspektur upacara.

PJS Bupati Lobar Saswadi yang bertindak sebagai inspektur upacara saat itu, sebelum membacakan sambutan Mendagri, ia menyempatkan diri memeriksa kesiapan pasukan peserta upacara.

Dalam prosesi tersebut, PJS Bupati L Saswadi menyampaikan, menghadiri upacara bendera dalam memperingati hari ulang tahun Pemadam Kebakaran ke-99 yang dirangakai dengan Ultah Satuan  Pol PP ke-68 dan Sat Linmas ke-56 mengakui bangga dan sangat apresiasi serta mengucapkan penghargaan yang tulus atas dedikasi dan loyalitas serta pengabdian teman teman sekalian yang telah ditunjukan selama dalam pemerintahan ini.

Dia berharap, untuk bisa meningkatkan kualitas kerja sebagai abdi negara dan masyarakat, hingga secara profesional, kompeten dan berintegritas tinggi, diharapkan akan dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional dalam rangka, menyikapi permasalahan pembangunan kemasyarakatan.

"Saat ini usia Damkar yang sudah mencapai 99 tahun, bahkan usia yang sudah cukup tua,  tentu sudah memiliki banyak macam pengalaman baik yang pagi maupun yang manis dalam mengemban tugasnya yang diamanahkan," ujarnya.

Dengan berbagai pengalaman yang didapatnya, sebagai barisan terdepan dalam pemadaman kebakaran, tentunya damkar harus memiliki kecerdasan lapangan. Kecerdasan ini sangat penting untuk menyiasati kondisi geografis negara kita khususnya kondisi daerah kabupaten Lobar.

"Terlebih pemadam kebakaran saat ni memiliki tugas tambahan, dengan memberikan perlindungan masyarakat serta tetap Suga melindungi dan mengamankan obyek vital pemerintahan dan kemasyarakatan," ungkap Saswadi.

Lebih jauh dikatakannya, sosok petugas Damkar ini, adalah sosok yang siap memberikan apa yang dimiliki untuk menyelamatkan orang lain. Kebaikan akan terus diingat, dalam menjalankan tugas yang diamanahkan, insya Allah tetap akan dikenang dan dido,a kan masyarakat, karena telah mempersembahkan penyelamatan atas musibah kebakaran yang terjadi.

"Teruslah ikhlas dalam bekerja untuk mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman kejadian yang menimpa dari ancaman kebakaran yang ada. Karena dharma Bhakti petugas damkar merupakan bentuk implementasi hadirnya negara dalam perlindungan pada masyarakat.

Selain itu dalam sambutan Saswadi menegaskan, di tahun 2018, Sat Pol PP merayakan ultahnya ke-68 dan Ultah Sat Linmas yang ke-56. Perayaan Ultah kali ini merupakan bertepatan dengan tahun politik, untuk itu ada dua agenda besar Nasional yakni pemilihan kepala daerah serentak dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden 2019 yang digelar secara bersama sama.  

Maka dari itu tema yang diambil pada hari jadi Sat Pol PP dan Sat Linmas kali ini yaitu siap mengawal pilkada serentak tahun 2018 yang mengandung arti sat Pol PP dan Sat Linmas harus lebih gagah ditahun politik ini sebagai perangkat daerah untuk ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi.

"Keterlibatan Sat Pol PP dan Sat Linmas, adalah untukemastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga, karena itu Sat Pol PP untuk lebih meningkatkan lagi kedipsiagaannya," pintanya.

Kedua perangkat daerah ini mempunyai tugas pokok antara lain membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan pemilu atau pilkada baik sebelum atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan.

"Tugas pokok lainnya yaitu ikut membantu dalam konteks tugas sosail terkait ditahun politik ini, dinamika politik akannn meningkat dan potensi  gangguan keamanan juga akan ikut termuat," tuturnya.

Untuk itu agar dari sedini mungkin lebih meningkatkan upaya deteksi atas berbagai kendala dan kemungkinan permasalahan yang akan terjadi . Demikian segala kemungkinan pada gangguan Kamtibmas,  yang secara dini  harus diantisipasi oleh Satu Pol PP dan Sat Linmas sehingga masyarakat akan merasa terlindungi.

"Untuk itu harus tetap berpedoman pada aturan yang ada yaitu peraturan menteri dalam negeri no 54 tahun 2011 tentang SOP sat Pol PP," terangnya.

Sedangkan pada Sat Linmas harus tetap berpedoman pada Permendagri no 10 tahun 2009 tentang penugasan Sat Linmas dalam menangani ketentraman dan ketertiban dalam penyelenggaraan Pemilu.

"Untuk itu koordinasi dan komunikasi dan sinergi dengan  instansi terkait antara lain dengan KPUD, TANI, Polri dan Kesbangpol dagri , lebih diintensifkan," harapnya.

Sehingga dengan mengutamakan kepentingan umum dan tetap memperhatikan hirarki tupoksi masing masing. Semoga dengan kebersamaan semua pihak keamanan dan ketertiban di detak Lobar tetap terjaga dengan baik sehingga roda pembangunan dan kemasyarakatan dengan motonya patut patuh patju akan berjalan dengan lancar, tutupnya. (Wan)
Loading...

Portal Berita Yang Lugas, Terpercaya dan Inovatif dari Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar

Responsive Full Width Ad

Copyright © 2016 Seputar NTB, powered by Blogger.