Header Ads

  • Breaking News

    Dinas Sosial Lotim Antisipasi Meningkatnya Gepeng dan Anjal Jelang Ramadhan

    Kepala seksi rehabilitasi dan pelayanan sosial anak dan usia lanjut,H Sukardiman
    Lombok Timur, Seputar NTB - Bulan ramadhan sebentar lagi, namun gepeng, anjal, dan prilaku premanisme masih banyak di Lombok Timur. Bahkan gepeng dan anjal dari Lombok Timur ini menyebar ke kota Mataram. Namun, dinas sosial kabupaten Lombok Timur belum melakukan tindakan yang berarti untuk mencegah hal tersebut. Saat dikonfirmasi pada Rabu, (25/04) di kantor dinas sosial kabupaten Lombok timur, pihaknya mengungkapkan akan melakukan beberapa hal.

    “Jadi, untuk mengantisipasi pada bulan ramadhan ini, ya nanti kami akan coba berkoordinasi dengan pihak dinas sosial, untuk pencegahan yang sifatnya termasuk dalam konteks perlakuan premanisme. Nanti akan kita berkoordinasi dengan pihak kepolisisan, Pol PP dan pihak-pihak terkait.” Terang H. Sukardiman selaku Kasi Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Anak dan Usia Lanjut.

    Sementara itu gepeng dan anjal sudah mulai berkurang keberadaannya di Lombok timur. Sukardiman menjelaskan bahwa jika diukur dari laporan tentang ketelantaran orang di Lombok Timur berjumlah 30 orang. Sedangkan untuk tahun 2018 telah menurun dengan menangani beberapa orang saja.

    “Untuk rehabilitasi, maaf masih dalam konteks keterbatasan, kita tidak punya balai rehab. Dulu kita punya rumah perlindungan dan rumah senter yang akan kita aktifkan kembali, karena itu masih dalam tanggungan pemerintah selama 2 tahun.” Lanjutnya.

    Namun ia menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan konseling, karena dinas sosial memiliki satuan bakti pekerja sosial untuk menangani kasus terkait. Kemudian untuk lebih lanjut dinas sosial akan melakukan rujukan ke balai sosial Paramita, Mataram. (Uki)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad