Header Ads

  • Breaking News

    Guru Garda Terdepan Membangun Bangsa

    Mataram, Seputar NTB - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia I Ketut Widnya memberikan sambutan dan sekaligus membuka Kegiatan Orientasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Guru Agama Hindu Tahun 2018 di Hotel Lombok Garden Mataram (17/4) , “Saya sangat apresiasi kegiatan ini dapat dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat” ujar I Ketut Widnya.

    Kegiatan Orientasi Peningkatan Guru Agama Hindu Tahun 2018 ini dilaksanakan dari tanggal 17 sampai dengan 19 April 2018 di Hotel Lombok Garden Mataram dengan mengusung tema “Melalui Orientasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Guru Agama Hindu, Kita Tingkatkan Nilai-nilai Wawasan Kebangsaan Yang Berlandaskan Pancasila Untuk Menjaga Keutuhan NKRI” yang diikuti 50 Peserta  dari Guru Agama Hindu di Kabupaten/Kota se Provinsi Nusa Tenggara Barat.

    Ketua Panitia Penyelenggara I Putu Bagiastana dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Orientasi ini selain untuk meningkatkan pemahaman Guru Agama Hindu tentang Wawasan Kebangsaan, juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam mentransfer nilai-nilai Kebangsaan kepada peserta didik, meningkatkan pengetahuan Guru tentang metode yang bisa digunakan dalam mengaflikasikann nilai-nilai wawasan kepada peserta Didik, meningkatkan pembelajaran, serta untuk membentengi para Generasi Muda dari pengaruh negative informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

    Selanjutnya, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojuddin dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dirjen Bimas Hindu atas diselenggarakannya Orientasi Wawasan Kebangsaan Bagi Guru Agama Hindu di Nusa Tenggara Barat, “Guru adalah garda terdepan dalam membangun Bangsa ini melalui generasi muda kita sebagai penerus Bangsa ini, dan kegiatan Orientasi ini adalah momentum yang sangat baik” ungkap H. Sirojuddin dalam sambutannya.

    “Dengan kegiatan Orientasi ini akan menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang empat pilar kebangsaan yang merupakan kompetisi dasar yang harus kita ketahui” ujar H. Sirojuddin, “Empat pilar itu adalah bagaimana kita memahami Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, termasuk dalam memahami Bhinneka Tunggal Ika dan bagaimana kita memahami NKRI” tambahnya.

    Dalam kesempatan yang sama Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI I Ketut Widnya menyampaikan aprisiasi atas pelayanan pelaksanaan Orientasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Guru Agama Hindu di Nusa Tenggara Barat ini guna menambah pengetahuan dan wawasan kebangsaan sehingga nantinya mampu menjadi Guru yang berjiwa Nasionalisme dan berjiwa NKRI.

    “Wawasan Kebangsaan adalah merupakan cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” papar I Ketut Widnya dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Orientasi ini secara resi yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada 2 orang peserta, “Kita tidak menghendaki terjadinya perpecahan dalam Bangsa Indonesia ini” tambah I Ketut Widnya menutup sambutannya.

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad