Header Ads

  • Breaking News

    Lindungi Produk Lokal, Pemerintah Perlu Terapkan Politik Protecsionisme

    Lindungi Produk Lokal, Pemerintah Perlu Terapkan Politik Protecsionisme
    Dr.H.A Rachman Alamudy,SH
    Sumbawa Besar, Seputar NTB - Menyikapi kondisi Pengusaha lokal dalam memproduksi dan memasarkan  produknya di dalam daerah sendiri yng terkesan masih kesulitan, Pimpinan DPRD Sumbawa Dr. H. A. Rachman Alamudy, SH menegaskan bahwa pemerintah daerah melalui dinas tekhnis harus segera memikirkan apa yang menjadi kesulitan masyarakat. dengan mengeliatnya budi daya ikan Lele yang kini sedang dikembangkan oleh masyarakat di kabupaten Sumbawa, dirinya menyarankan pemerintah  daerah untuk lebih serius lagi melindungi produk lokal. “ Apalagi keberadaan mereka bisa dan mampu memenuhi kebutuhan pangsa pasar lokal, maka pemerintah berkewajiban melindunginya dengan membatasi produk dari luar”, tegas Abi Mang saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya, selasa (10/04) siang.

    Menurut Aby Mang, perkembangan usaha budi daya lele di Kabupaten Sumbawa tidak dibarengi dengan suksesnya pemasaran. Karena pengusaha  lalapan sebagai pangsa pasar kelompok budi daya Lele, selama ini mendapat pasokan dari luar daerah yakni pulau Jawa dan Lombok, sementara pasokan dari Sumbawa sendiri sangat banyak dan terpenuhi, namun pamasarannya sulit ditembus oleh pengusaha lokal .Di Amerika, dikenal yang namanya politik protecsionisme. Politik protecsionisme adalah upaya keberpihakan pemerintah dalam melindungi produk-produk lokal dengan membatasi produk luar. 

    Politik semacam ini perlu diterapkan di Kabupaten Sumbawa. Ini dilakukan demi melindungi masyarakat Sumbawa. Kecuali produk yang tidak bisa dihasilkan oleh masyarakat, semacam  bahan baku produk lainnya yang memang tidak tersedia di sini. Namun sepanjang tersedia, maka semuanya berkewajiban, baik Pemerintah maupun DPR, papar Aby Mang.

    Dikatakan Aby Mang,masyarakat sudah baik melakukan budidaya atau mengembangkan komoditinya di bidang usaha budi daya Lele Sehingga kewajiban pemerintah untuk menyediakan pangsa pasarnya melalui sebuah regulasi yang di buat oleh pemerintah. Selain itu, dirinya sebelumya sudah melakukan komunikasi dengan salah satu investor dari Korea untuk mengembangkan semua potensi perikanan air tawar yang ada di Kabupaten Sumbawa, bahkan mereka bersedia membantu memberikan pelatihan kepada masyarakat pelaku budi daya ikan air tawar, tandas Aby Mang. (Jim)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad