Header Ads

  • Breaking News

    Operasi Patuh Gatarin 2018 Ratusan Kendaraan Ditilang

    Lombok Barat, Seputar NTB - Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat terjaring Operasi Patuh Gatarin di Jalur By Pas ll Lombok Barat. Operasi dibawah kerja Jajaran Kepolisian Lobar melalui Sat Lantas Polres Lobar juga berhasil mengamankan sejumlah kendaraan karena tak bisa menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

    Kapolres melalui Kasat Lantas Polres Lobar, Iptu Lalu Panca Warsa kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa Operasi Patuh Gatarin 2018 itu setidaknya memprioritaskan tujuh hal sesuai perintah Kapolri. Ke tujuh hal yang dianggap prioritas itu antara lain Pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, Pengendara yang mengendarai kendaraan dalam pengaruh alkohol, kecepatan melebihi batas maksimum, pengemudi di bawah umur, serta pengemudi yang tidak menggunakan safety belt bagi kendaraan roda empat. Selain itu, polisi juga menindak penggendara yang menggunakan Handphone saat berkendara dan pengendara yang melawan arus atau rambu-rambu lalu lintas.

    Dari 185 penilangan yang dilakukan, pelanggar terbanyak adalah pengemudi yang tidak menggunakan safety belt untuk roda empat, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm berlabel SNI, serta pengendara yang tidak bisa menunjukkan STNK dan SIM untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

    “Untuk hari pertama ini jumlah tilang mencapai 185 pengendara,” ungkapnya.

    Operasi Patuh Gatarin 2018 sendiri digelar di jalur Bypass BIL II, tepatnya di Dusun Adeng Kuripan. Dan untuk kendaraan yang terpaksa diamankan, Kasat Lantas itu mengatakan bahwa sampai wawancara dengan media jumlahnya belum direkap.

    “Belum kita rekap , anggota masih di lapangan untuk mengevakuasi kendaraan yang diamankan ke Polres Lobar,” sambungnya.

    Sampai kapan Operasi Patuh Gatarin itu akan digelar ? Panca menegaskan bahwa Operasi tersebut secara serentak dilakukan secara nasional mulai tanggal 26 April hingga 9 Mei mendatang.

    “Untuk operasi ini Kapolri menekankan untuk melakukan penindakan di tempat. Tentunya dengan mengedepankan penegakan hukum baik secara pre efektif maupun preventif,” tegasnya menambahkan.

    Dalam kesempayan itu, Kasat Lantas Polres Lobar itu menghimbau agar semua pihak mentaati aturan berlalu lintas. Tak hanya masyarakat, aparat pemerintah pun diharapkan mematuhi aturan berlalu lintas.

    “Kita sama-sama taat berlalu lintas, baik itu masyarakat terlebih aparat pemerintah. Karena ketertiban berlalu lintas itu menjadi tugas kita bersama,” tandasnya. (Wan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad