Header Ads

  • Breaking News

    Paripurna Istimewa, Gelar Pelantikan PAW Ketua DPRD

    Lombok Barat, Seputar NTB - Rapat paripurna istimewa dengan agenda prosesi sumpah atau janji Ketua DPRD Lombok Barat Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan periode 2014-2019, yakni Imam Kafali menggantikan Hj Sumyatun. Sesuai amanat konstitusi, bahwa  pelantikan Imam sendiri sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor: 171.2-310 Tahun 2018 tanggal 11 April 2018 tentang peresmian pengangkatan pengganti antar waktu Ketua DPRD Lobar untuk sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

    Diketahui, sejak Hj Sumyatun mengundurkan diri sebagai ketua DPRD Lobar yang ikut dalam kontestasi Pilkada serentak Kab.Lobar sebagai wakil Bupati, maka terhitung sejak saat itu jabatan Ketua DPRD dalam keadaan kosong.

    Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD baru Imam Kafali Menyampaikan, bahwa palu pimpinan dewan secara resmi kami terima, dan sekaligus menerima bahwa wewenang dan tanggung jawab untuk memimpin DPRD sisa masa jabatan kedepan adalah menjadi tanggung jawab kami, dimana hari ini pengemban amanah yang dipercayakan kepada kami sebagai ketua DPRD PAW sisa masa jabatan 2014-2019 untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanatkan kepada kami.
                                   
    "Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan anggota dewan dan seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada saya di mana hal ini menjadi titik awal mulainya amanah yang dipercayai kepada kami,” kata Ketua DPRD yang baru berusia 29 tahun ini. 

    Rapat paripurna istimewa telah memberikan komitmen yang kuat bagi kami sebagai ketua DPRD PAW, bahwa wewenang sebagai ketua DPRD dalam hal ini telah menjadi tanggung jawab sepenuhnya, bahwa untuk melaksanakan tugas akan selalu saling bersinergitas bersama   jajaran pemerintah daerah dan eksekutife serta dukungan bersama masyarakat Lombok Barat.

    "Insya Allah seluruh permasalahan akan bisa terselesaikan dengan baik, sehingga apa yang menjadi program pemerintah daerah dapat terlaksana demi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan daerah Lombok Barat," paparnya.

    Sementara PJS Bupati H.L Saswadi dalam sambutannya memaparkan, Peralihan kepemimpinan di DPRD Kabupaten Lombok Barat (Lobar) adalah keniscayaan undang-undang. Sifatnya imperatif. Tidak hanya karena mengisi kekosongan akibat mengundurkan dirinya Ibu Ketua DPRD Hj. Sumiatun, namun melihat posisi penting Ketua dalam menjaga sistem ketata negaraan di Kabupaten Lobar.
                
    "Saya ingin menstressing yang terakhir, tidak hanya dalam konteks membangun sistem pengambilan keputusan kolegial yang diatur dalam Tata Tertib Persidangan. Hal terpenting yang ingin saya tegaskan adalah posisinya sebagai "terdepan" dalam menjalin hubungan kemitraan yang equel dengan Pemerintah Kabupaten selaku eksekutif," pintanya.

    Pada tataran itu, posisi Ketua sangat vital dalam rangka mempererat koneksitas antara unsur pimpinan dengan anggota, seluruh kelembagaan di DPRD dengan Pemerintah, DPRD dengan rakyat yang diwakili, dan yang terutama adalah sinergitas antara Rakyat dengan Pemerintah.

    "Saya percaya, pergantian Ketua DPRD hari ini akan semakin memberi angin segar terhadap multi koneksitas tersebut.  Pasca pelantikan hari ini, dbekali dengan hak dan kewenangannya, maka DPRD Kabupaten Lombok Barat akan semakin menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah lembaga yang paling utama dalam demokrasi modern yang terus kita bangun," sebutnya.

    Dalam kesempatan ini, saya menyatakan kebanggaan saya yang dalam atas pelantikan saudara Imam Kafali. Terutama kepada Partai Golkar yang telah memberikan Putra Terbaiknya untuk bisa memimpin lembaga terhormat tempat berkumpulnya para wakil rakyat. Pada periode lalu, sosok perempuan dihadirkannya sebagai Ketua. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa iklim demokrasi di Kabupaten Patut Patuh Patju ini menyumbangkan praktik demokratisasi yang sehat di bidang  kesetaraan gender.

    "Walaupun belum mencapai 30%, selain Ketua, DPRD Kabupaten Lombok Barat telah mampu menghadirkan 6 legislator lainnya yang berkiprah sebagai srikandi-srikandi demokrasi di lembaga perlemen ini," ujarnya.

    Saat lalu, kata H.L Saswadi,  dibawah kepemimpinan sosok Saudari Hj. Sumiatun, DPRD Kabupaten Lombok Barat tercatat meraih prestasi prestisius di tingkat Provinsi NTB sebagai DPRD Terproduktif. Banyak Rancangan Peraturan Daerah dalam Program Legislasi Daerah 2017 berhasil digolkan menjadi Peraturan Daerah yang insya Allah akan bermanfaat besar demi kesejahteraan masyarakat Lombok Barat.

    Bersama Para Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat lanjut dia, dari seluruh Partai Politik yang ada, Saudari Ketua DPRD saat itu telah berhasil menghadirkan dinamika yang sehat dan harmonis dalam pembangunan demokrasi kita.

    "Untuk itu, ijinkan saya, atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Lombok Barat, mengucapkan ribuan terima kasih atas seluruh kiprah dan jasa yang diberikan oleh Saudari Hj. Sumiatun. Semoga seluruh kiprah dan jasa itu, juga tercatat sebagai amal kebaikan dan jariyah di sisi Allah Swt," khaturnya. (Wan)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad