Header Ads

  • Breaking News

    Penghargaan Paling Progresif diterima Pemda Lotim

    Lombok Timur, Seputar NTB - Keberhasilan pengalokasian dana Rumah tidak layak huni (RTLH) oleh pemda Lotim mendapat apresiasi dari pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi NTB. Pemprov NTB memberikan pengahargaan pada Pemda Lotim sebagai kabupaten paling progresif dalam pengelolan dana desa untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur NTB TGKH Zainul Majdi dalam acara musrembang Provinsi NTB Senin, (16/04) kemarin.

    Penghargaan tersebut tidak lepas dari kometmen yang dilakukan Pemda Lotim untuk mengurangi jumlah RLTH. Hal ini terlihat pada data pembangunan RTLH, tahun 2014, melalui APBD pemda mengalokasikan dana Rp. 30 Milyar untuk 4000 unit rumah. Tahun 2015, mengalokasikan dana sebesar Rp. 28.612.500 untuk 3815 unit rumah. 

    Komitmen ini juga didasarkan atas surat edaran Bupati Lombok Timur No. 141/102/PMPD/2015 tentang kebijakan penganggaran rumah tidak layak huni dan besaran anggaran untuk pengalokasiannya. Sehingga tahun 2017 lalu, pemda mengalokasikan dana 22 Milyar lebih dari dana desa untuk pengolaan rumah tidak layak huni.

    “Perumahan sama halnya dengan pangan dan sandang yang merupakan hal pokok manusia untuk memenuhi standar kebutuhan hidup yang layak. Perumahan dan pemukiman juga menjadi tanggungjawab pemerintah.” Terang Kabag Humas dan Protokol Pemda Lotim, Ahmad Subhan. 

    Ia juga menjelaskan bahwa kebutuahan akan perumahan dan pemukiman sejatinya sudah diamanatkan dalam UU No. 1 tahun 2001. Pemerintah perlu lebih berperan dalam menyediakan dan memberikan kemudahan bantuan perumahan pada masyarakat. (Uki)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad