Header Ads

  • Breaking News

    Polres Sumbawa Gelar Operasi Patuh Gatarin 2018 Selama 14 Hari Kedepan

    Sumbawa Besar, Seputar NTB - Selama 14 hari ke depan, Institusi Kepolisian menggelar Operasi Patuh secara serentak se Indonesia mulai Kamis (26/04).Di wilayah hukum Polres Sumbawa, hari pertama Operasi Patuh  Gatarin 2018, di awali di depan Taman Mangga pada pagi hari dan di depan SMAN 1 Sumbawa sore harinya.

    Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan, SH yang dikonfirmasi Seputar NTBi di sela-sela operasi mengatakan operasi ini melibatkan sekitar 60 pesonil terdiri dari satuan lalu lintas sebanyak 36 personil, dibackup 2 personil TNI, 2 personil Brimob dan sisanya gabungan Satker Polres. "Operasi ini berlangsung selama 14 hari dari 26 April sampai 9 Mei mendatang", ujarnya.

    Dijelaskan Gusriyadi, sasaran dari operasi ini yakni kendaraan roda dua dan roda empat. Ada tujuh target yang harus dipatuhi yakni pengendara motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi roda empat tidak menggunakan safety belt, mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan, mengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk, menggunakan handphone (HP) pada saat berkendara, pengendara di bawah umur (anak-anak, dan mengemudikan kendaraan melawan arus. Dalam operasi patuh berbanding terbalik dengan operasi keselamatan yang mengedepankan himbauan dan teguran baik tertulis maupun langsung. Pada operasi patuh, pengendara yang melakukan pelanggaran akan dikenakan penindakan hukum yakni tilang atau tindakan langsung, sebab sebelumnya sudah dilaksanakan operasi keselamatan yang lebih mengedepankan teguran ketimbang penindakan.  

    “Namanya operasi patuh, harus patuh pada aturan. Yang dikedepankan penindakan terhadap pelanggaran, diantaranya tidak menggunakan helm standar SNI baik depan maupun belakang, surat surat resmi, maupun kelengkapan teknis kendaraan seperti spion, nopol, knalpot, dan lainnya", ujar Gusriyadi.

    Dalam rangka Operasi Patuh Gatarin 2018 ini, pihaknya berharap kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa agar lebih tertib berkendara dan mematuhi aturan berlalu lintas di jalan sehingga angka kecelakaan di Kabupaten Sumbawa bisa menurun demi terciptanya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcar lantas), tandasnya. (Jim)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad