Header Ads

  • Breaking News

    Sekda KLU menerima Kunker Pemkab Kutai Provinsi Kalimantan Timur

    Lombok Utara, Seputar NTB - Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs H Suardi MH menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Provinsi Kalimantan Timur terkait proses desa persiapan menjadi desa definitif (24/4) yang juga dihadiri oleh OPD terkait dan tamu undangan lainnya.

    Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara dalam siaran pers yang diterima Seputar NTB,Selasa, menyebutkan,Sekda KLU menyampaikan sampai saat ini KLU berusia 9 tahun menuju satu dasawarsa. Dengan tagline kebijakan umum melalui Percepatan, Inovasi dan Nilai Tambah (PIN) yang dikembangkan, diharapkan bisa mempercepat dan menyinambungkan hasil pembangunan kepada masyarakat.

    "Mewakili bupati mengucapkan selamat datang kepada rombongan yang telah jauh-jauh datang dari Kutai ke daerah kami di Lombok Utara, ini sebuah penghargaan yang luar biasa dimana kami sebagai daerah baru dan sedang berkembang mendapat kunjungan dari kabupaten yang sudah lebih dahulu maju," imbuhnya.

    Menurut Sekda KLU, dalam hal pendapatan, dominan berasal dari pariwisata, perkebunan, perikanan dan pertanian. Pendapat Asli Daerah 60 persen bersumber dari aspek pariwisata terutama tiga gili yang sudah mendunia.

    Ditambahkannya, sebagai daerah baru berkembang dimana Lombok Utara terdiri dari lima kecamatan dengan sejumlah 33 desa ditambah 10 desa persiapan,  pemekaran dari desa induk. KLU terus berupaya menggeliat dan berpacu dari daerah lainnya

    "Alhamdulillah, 10 desa persiapan sudah mendapat nomor registrasi dari pemerintah. Hal ini diraih melalui adanya sinergi antara masyarakat dan pemerintah daerah," tandasnya.

    Berkaitan dengan pemekaran 10 desa di Lombok Utara, pihaknya menyatakan diperoleh melalui kajian yang panjang dan melibatkan unsur pemerintah dan juga akademisi serta tokoh agama, masyarakat, tokoh adat dan pemuda.

    "Tahun pertama selesai pemekaran kami memang menemukan berbagai kendala sehingga kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Pada tahun kedua pemerintah pusat memberikan nomor registrasi desa. Saat ini sedang dilakukan tahap evaluasi untuk tindak lanjut pemekaran desa," pungkasnya.

    Dalam acara yang sama Ketua Rombongan Kunker Pemkab Kutai H Mugni MSi mengatakan luar biasa yang kami terima dari Pemda Lombok Utara. Dijelaskannya, kunjungan kerja terkait dengan pembelajaran proses desa persiapan  menjadi desa definitif telah mendapat pemaparan dari Pemda Lombok Utara.

    "Wilayah kami terdiri dari 18 kecamatan dengan 139 desa. Kami telah  memekarkan 11 desa sehingga akan menjadi 150 desa. Namun sampai saat ini belum mendapat nomor registrasi desa dari Pemprov apalagi pusat. Oleh sebab itu, kami berkunjung ke KLU, untuk mempelajari hal tersebut. Semoga apa yang kami harapkan dapat terwujud," harapnya. (*)

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad