Header Ads

  • Breaking News

    Bupati Lombok Utara Terima Penghargaan Pembangunan

    Mataram, Seputar NTB - Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menerima penghargaan atas keberhasilannya dalam pembangunan daerah. yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Senin (30/4).

    Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara melalui siaran pers yang diterima Seputar NTB ,Rabu, menyebutkan penghargaan yang diberikan kepada Bupati Lombok Utara terkait Gerakan Sapu Bersih Drop Out, Sapu Bersih Gizi Buruk, pencapaian Akta Kelahiran Cepat, dan inovasi BUMDes Mart, sebelumnya juga menerima penghargaan dalam hal kepemimpinan inspirasi daerah.

    Penghargaan yang diserahkan serangkaian Musrenbangnas tersebut, untuk tingkat kabupaten juara I diraih Kabupate Tegal, juara II Kabupaten Lombok Utara dan juara III Kabupaten Banyuwangi. 

    Sementara untuk tingkat Provinsi adapun yang secara berurutan yaitu Provinsi Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Provinsi Bali. Sedangkan untuk tingkat kota, Kota Palu, Kota Palembang, dan Kota Surakarta. Selain penghargaan P2D, penghargaan khusus juga diberikan kepada Pemprov Jawa Barat terkait Pembangunan Bandar Udara.

    Acara tersebut dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, para pimpinan daerah dan kepala Bappeda.

    Dari pimpinan Pemerintah Provinsi NTB, tampak hadir Gubernur NTB Dr TGHM Zainul Majdi MA, Sekretaris Daerah Provinsi NTB H Rosiady Sayuti PhD, Kepala Bappeda NTB Ir Ridwansyah.

    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Prof Dr Bambang Brodjonegoro menyatakan Rencana Kerja Pemerintah didominasi infrastruktur pemerataan pembangunan dan pertumbuhan antar wilayah.

    "Perencanaan nasional didahului dengan adanya Rencana Kerja Pemerintah dengan implementasi 'Money Follow Program' dengan upaya disegala aspek pada pengurangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan antarwilayah, peningkatan nilai tambah ekonomi dan lapangan kerja," ujarnya.

    Sementara Presiden Jokowi menyatakan pengembangan ekonomi ditopang oleh pesatnya kemajuan teknologi sehingga potensi produktifitas bisa semakin tinggi.

    "Mencapai kemajuan pembangunan, hal yang perlu ditinggalkan adalah buang-buang waktu, misalnya rantai birokrasi yang panjang dan berbelit-belit. Sudah waktunya kita tinggalkan, baik di provinsi, maupun kabupaten/kota," kata presiden.

    Selain itu presiden menjelaskan perkembangan dunia yang begitu pesat, bukan yang besar mengalahkan yang kecil, tetapi yang cepat mengalahkan yang lambat.

    "Gunakan public, private dan patnership dalam membangun Indonesia yang besar," ujar Kepala Negara.

    Acara berlangsung meriah yang diselingi dengan penayangan film dokumenter audiovisual kabupaten dan kepala daerah penerima Penghargaan Pembangunan Daerah.

    Selain itu, penghargaan yang diterima didasarkan pada tiga indikator yaitu perencanaan, pencapaian dan inovasi yang dilakukan pemerintah daerah yang selaras dengan visi kepemimpinan.

    Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH menyatakan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi pembangunan daerah di Lombok Utara.

    "Penghargaan ini adalah karunia Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Mari kita bekerja lebih baik lagi, untuk kemaslahatan masyarakat Lombok Utara," katanya.

    Ia mengatakan semua pihak perlu terus bekerja untuk masyarakat Lombok Utara sehingga pembangunan daerah dapat dirasakan langsung masyarakat dengan semangat kebersamaan.

    "Pada kesempatan yang sangat singkat, Bapak Presiden membisikkan satu kalimat 'Bekerja terus pak Bupati'," katanya. (*)

    Editor: Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad