Header Ads

  • Breaking News

    Guna Meningkatkan Kinerja, Dinas Duk Capil Selenggarkan Rapat PPK


    Sumbawa Barat - Tugas pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat tentunya selalu ingin dilaksanakan dengan maksimal, hal tersebutlah yang membuat pihak pemerintahan khususnya Kabupaten Sumbawa Barat bertekat untuk menggali ide-ide baru yang dapat membawa kemajuan bagi Kabupaten Sumbawa Barat di antaranya ialah ide untuk melaksanakn program penyusunan profil kependudukan ( PPK ). Kamis ( 10/5) Sumbawa Barat.

    Penyusunan profil kependudukan ( PPK ) di rancang oleh lembaga dinas DUK CAPIL, ide dari program tersebut merupakan tindak lanjut dari keadaan idealita dan realita yang tak sejalan yang  terjadi dalam masyarakat Kecamatan Sumbawa Barat, dalam agenda tersebut DUK CAPIL melibatkan tiga lembaga dinas yaitu dinas BAPEDAS, DISKOMINFO, dan DIKES. 

    Alasan pemilihan dari tiga dinas tersebut karena ketiga pihak terkait merupakan dinas yang berkecimpung dalam urusan pendataan. “ karena kita adalah lembaga yang bergerak di bidang data-data, kita menyadari bahwa data yang ada di kita ini masih terdapat danomali data-data atau masih ada warga yang belum mengurus kependudukany, hal ini merupakan tantangan bagi kita” ujar Abdul Muiz

    Salah satu cara pengaplikasian program penyusunan kependidikan ialah dengan sistem pengumpulan akte kelahiran dari tahun sebelum berlakunya dengan cara turun ke semua desa, sekolah, dll. Dengan jalan seperti ini data yang telah terkumpul dapat di update ulang karena pada dasarnya target untuk tahun 2018 ini mencapai 85%, untuk saat ini hanya bergerak sekitar 83% secara otomatis masih ada sisa beberapa % untuk memaksimalkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat.

    Selain itu hal yang menjadi masalah pokok adalah pengadaan KTP elektronik yang harus mencapai target 100%. Caranya dengan pelaksanaan perekaman terhadap anak-anak yang usia 16 atau 17 tahun dalam rangka pilpres, namun pada kenyataannya masih banyak warga yang belum melakukan rekaman. Terkain konten atau isi dari program ini merupakan sebuah kegiatan regular yang harus di lakukana, sedangkan dalam hal pelaksanaan memungkinkan untuk bekerja sama dengan stakeholder, Terdapat tiga aitem penting dalam program ini ialah pendidikan, ekonomi, kesehatan.

    Inti dari pertemuan ini adalah untuk melakukan pengecekan kembali terhadap data-data yang terkempul sebelum benar-benar diterbitkan, dan permintaan kerja sama dari masing-masing pihak untuk mendukung adanya data-data yang lebih valid kedepannya. 

    Pewarta :Riskikatul Adian 
    Editor :Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad