Header Ads

  • Breaking News

    Sebanyak 2.930 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Ops Patuh Gatarin 2018

    Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan SH

    Sumbawa Besar - Operasi Patuh Gatarin 2018 yang telah dilaksanakan selama dari tanggal 26 April hingga 9 Mei lalu atau selama 14 hari secara serentak seluruh indonesia. dari hasil pelaksanaan Ops Patuh tersebut, di Polres Sumbawa tercatat sebanyak 2.930 pelanggar lalu lintas baik roda dua maupun roda empat yang dikenakan penindakan atau tilang.

    Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP. Gusriyadi Abustan, SH kepada wartawan, kemarin mengatakan bahwa dari tujuh target operasi, didominasi oleh pelanggar yang tidak menggunakan helm belakang atau penumpang roda dua yakni sebanyak 1.159. Kemudian pengendara sepeda motor yang menggunakan handpone saat mengemudi sebanyak 15 pelanggar, pengendara yang masih dibawah umur sebanyak 130 pelanggar, dan pengendara roda empat yang tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman sebanyak 321 pelanggar. disamping memberikan denda tilang terhadap pelanggar berlalu lintas, pihaknya juga memberikan teguran ywng bersifat non tilang sebanyak 672 pelanggar, ujar Kasat Lantas.

    Dijelaskan Gusriyadi, ketaatan pengendara di Kabupaten Sumbawa menggunakan helm terutama yang berada di depan sekitar 85 persen. namun yang bayak diberikan tilang yakni penumpang yang di belakang. 

    Untuk itu, pihaknya menghimbau baik pengendara yang berada di depan atau belakang diwajibkan menggunakan helm, karena itu sudah diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas. Ia berharap dengan adanya Operasi Patuh Gatarin, kedepannya masyarakat lebih tertib di jalan dan mematuhi aturan lalu lintas sehingga angka kecelakaan di Kabupaten Sumbawa dapat menurun. "Kami juga berharap kepada orang tua agar tidak mengizinkan anaknya yang masih dibawah umur untuk mengendarai kendaraan sebab kecelakaan yang terjadi didominasi oleh anak dibawah umur, yang tergolong belum memahami sepenuhnya aturan berlalu lintas di jalan raya. Hal ini demi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas atau Kamseltibcar Lantas", tandas Gusriyadi. 


    Pewarta: Jim Sujiman
    Editor :Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad