Header Ads

  • Breaking News

    50 Bacaleg Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa Jalani Uji Kelayakan


    Sumbawa Besar - Menghadapi pemilihan legislatif atau Pileg 2019 mendatang, sejumlah Parpol melakukan penjaringan bakal calon dengan cara kepartaiannya.Seperti kegiatan Fit And Proper Test atau uji kelayakan yang digelar Pengurus DPC Partai Demokrat Sumbawa terhadap 50 Bakal Calon Legislatif yang berlangsung pada Minggu (01/07) tadi.

    Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa, Syamsul Fikri AR. SAg, MSi yang ditemui Seputar NTB di sela sela kegiatan tersebut mengatakan bahwa ada sekitar 50-an bacaleg Partai Demokrat yang menjalani seleksi, itupun kuotanya sudah full di semua dapil bahkan ada dapil yang kelebihan caleg.Fit and proper test ini dimaksudkan untuk menguji dasar dasar, karakter, serta asas kepartaian yang dilakukan pada tiga pos seleksi yakni pos keagamaan, pos kepartaian, dan pos intelektualitas.


    ”Nantinya caleg yang berhasil duduk di legislatif dapat memahami dasar dasar keagamaannya, intelektualitasnya, bagaimana intelektualitas kepartaiannya. harus siap debat, harus memiliki intelektualitas, tidak hanya menjadi caleg asal asalan", ujar Fikri.

    Ditegaskan Syamsul Fikri, seleksi ini merupakan modifikasi karena Partai Demokrat telah melaksanakan fit and proper test sebanyak tiga periode yakni pada 2004, 2009, 2014 sehingga DPP Partai Demokrat memberikan apresiasi kepada DPC Partai Demokrat Sumbawa melakukan modifikasi sistem penjaringan Caleg, tegas Fikri.

    Menurutnya, kegiatan ini sekaligus sebagai uji kelayakan serta untuk mengetahui kemampuan dari masing masing bacaleg. minimal para bacaleg sudah memiliki dasar yang dilaluinya dalam 3 tahapan atau pos tim seleksi,yakni tahap tentang keagamaan,tahap intelektualitas, dan tahap kepartaian.

    "Insyaallah, Partai Demokrat menargetkan 7 Kursi di DPRD Sumbawa, meskipun partai partai lain ada yang menargetkan 9 hingga 10 kursi di legislatif.Tapi Partai Demokrat rasional saja, jangan sampai menargetkan perolehan kursi dewan tapi di luar nalar politik dan kita mampu memprediksi mana dapil yang akan meraih 2 kursi," papar Fikri.

    Lebih jauh dikatakan Fikri, setelah menempuh tahapan mulai Rakercab (Rapat Kerja Cabang), Musancab (Musyawarah Anak Cabang) untuk merevitalisasi PAC di empat zona,kini memasuki tahap seleksi terhadap Bacaleg.Karena itu,ia berharap agar pengurus Partai Demokrat harus tegar dan militan, tidak goyah oleh isu isu serta money politik,dan harus istiqomah dalam berjuang yakni bagaimana cara membesarkan partai sehingga marwah partai benar benar melekat dan dirasakannya.Setelah Musancab dan uji kelayakan ini, saya akan instruksikan seluruh PAC untuk melakukan revitalisasi Ranting bahkan anak ranting.

    "Target untuk meraih 7 kursi Insya Allah dapat diraih dan tidak mustahil (irasional).Partai manapun yang mampu meraih 7 kursi dipastikan akan meraih kursi pimpinan di DPRD Sumbawa.Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa berharap agar pemilu legislatif 2019 mendatang mampu menghantarkan dirinya menjadi salah satu unsur pimpinan DPRD Sumbawa.”

    Jika ini menjadi doa bersama dan kekuatan masyarakat mempercayai dirinya, saya akan mengucapkan  Jazakumullah Khoiron Katsiro ,terima kasih kepada masyarakat Sumbawa atas ijin Allah swt,” tukasnya.

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad