Header Ads

  • Breaking News

    51 Hektar Lahan Kemenkumham NTB Dikuasai Warga Di KLU

    Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Sevial Akmily

    Sekitar 51 hektar lahan milik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Barat dikuasai warga di Kabupaten Lombok Utara. Sehingga tentunya ini menjadi perhatian pihak kementerian Hukum dan HAM untuk menyelesaikan.


    " Memang kami akui kalau ada seluas 51 Hektar lahan milik Kemenkumham NTB dikuasai warga KLU," tegas Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTB, Sevial Akmily kepada wartawan di Rutan Asimilasi Menangabaris, Sabtu (28|7).

    Ia menjelaskan kalau lahan milik Kemenkumham ini yang dikuasai warga tersebut sejak tahun 1980-an tersebut. Sedangkan pihaknya memiliki sertifikat kepemilikannya sejak tahun 1974.‎

    Dengan warga itu masuk ke lahan milik kami dengan alasan turun temurun,maka tentunya membuat kami berusaha untuk mengambil kembali lahan yang dikuasai warga tersebut. Bahkan pihak Komnas HAM juga telah melakukan mediasi mengenai persoalan itu.

    " Yang jelas kami menginginkan lahan yang dikuasai warga itu kembali semua," kata Sevial Akmily.

    Oleh karena, lanjut Kepala  Kanwil Kemenkumham NTB ini, persoalan itu juga sudah mendapatkan perhatian dari Bupati KLU. Dengan meminta untuk bersama-sama menyelesaikannya.

    Dimana Bupati KLU meminta agar 50 persen lahan itu bisa dikembalikan ke Kemenkumham, sedangkan sisanya itu tentunya diberikan kepada masyarakat,karena sudah menempatinya.

    Apalagi lokasinya jauh didalam,sehingga pihaknya meminta kepada Bupati KLU untuk menggantikan lokasinya ke yang lebih dekat. Meski dengan luas lahannya tidak seluas dengan yang telah dikuasai warga saat ini.

    " Persoalan itu sudah kelir tinggal perlu pembicaraan yang inten dengan pemerintah KLU," tandasnya.

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad